Jumat , 22 November 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Waspadai Banjir Susulan

Waspadai Banjir Susulan

BENTENG – Pasca hujan yan terjadi di daerah hulu sungai Bengkulu, BPBD Benteng mengimbau agar warga untuk mewaspadai adanya banjir susulan. Karena seperti biasanya, air baru akan naik setelah hujan reda hingga sehari. Hal ini disebabkan daerah resapan air dihulu sudah kurang maksimal untuk menampung debit air hujan yang cukup tinggi.

Kepala Pelaksana harian BPBD Benteng, Aan Supriyanto, S.Sos mengaku pihaknya saat hujan (9/7) langsung melakukan pemantauan dilapangan. Apalagi wilayah Bentengada beberapa titik yang rawan benana alam seperti banjir dan tanah longsor. “Petugas dikerahkan untuk memantau situasi dan melihat pergerakan air,” terangnya.

Dengan hal ini, apapun yang akan terjadi sudah bisa diperkirakan. Dan yang lebih positifnya lagi, warga juga bisa bersiap untuk menghindari bencana alam seperti banjir. Pengawasan juga tidak semata dilakukan pada aliran sungai. Namun, beberapa titik rawan longsor juga dipantau. terutama yang selama ini sudah menjadi langganan longsor, seperti jalur Liku Sembilan, Jalur Lubuk-Sini-Lubuk Durian.

Selain itu, BPBD juga meminta konfirmasi dan koordinasi langsung terutama dari pihak pemerintahan desa untuk melaporkan situasi yang memang dikhawatirkan bisa menyebabkan bencana alam.

Untuk warga juga disarankan menghindari atau jangan dulu tinggal di daerah yang rawan banjir dan tanah longsor. Karena, pengalaman musibah bencana alam lalu, ada warga yang hanyut terbawa arus sungai dan ada juga yang tertimbun material longsor. Hal ini menjadi pelajaran bersama bagi semua pihak, terutama Pemkab Benteng dalam menyikapi untuk mencegah jatuhnya korban akibat bencana alam.

“Sama-sama waspada supaya tidak jatuh korban,” demikian Aan.(vla)

Berita Lainnya

Pemilih Pemula Awasi Pilgub

BENTENG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bengkulu Tengah mengajak peran serta pelajar sebagai pemilih pemula ...