Selasa , 12 November 2019
Home / Daerah / Seluma / 170 Koper CJH Melalui X-Ray

170 Koper CJH Melalui X-Ray

DIKUMPULKAN:  Koper 170 CJH kuota reguler dikumpulkan di Kemenag Seluma yang selanjutnya langsung diantar ke Embarkasi Antara di Asrama Haji Bengkulu, Rabu (10/7).(foto: Yayan/RB)

SELUMA – Sesuai rencana, 170 koper Calon Jamaah Haji (CJH) Seluma telah dikumpulkan di Kantor Kemenag Seluma, Rabu (10/7) pukul 09.00 WIB. Setelah dilakukan pendataan, jumlahnya pas 170 koper, selanjutnya langsung diantar oleh Kemenag Seluma ke Embarkasi Antara di asrama Haji Bengkulu untuk dilakukan pemeriksaan menggunakan X-Ray.

Kakan Kemenag Seluma, Drs. Herman Yatim, MM mengatakan dari jumlah awal kuota reguler 172 CJH, 2 CJH batal berangkat. Sehingga untuk CJH kuota reguler berkurang 2 CJH, menjadi 170 CJH di musim haji 2019 ini. ‘’Dua orang yang batal berangkat itu, satu meninggal dan satu CJH lagi sakit, sehingga menunda keberangkatannya di musim haji tahun ini,’’ terang Herman.

Dijelaskan Herman, khusus untuk CJH meninggal ini tidak dapat dilakukan pergantian oleh ahli waris. Karena CJH yang bersangkutan meninggal sebelum dilakukan penetapan CJH yang akan diberangkatkan di musim haji 2019 oleh Kemenag RI. Sedangkan untuk CJH yang sakit, yang menunda keberangkatan juga tidak dapat dilakukan pergantian karena pemberitahuan batal berangkat tersebut disampaikan dua hari sebelum penyerahan koper. Sehingga tidak cukup waktu untuk mengurus dokumen atau berkas pergantian tersebut.

‘’Untuk CJH yang meninggal semua biaya yang telah disetorkan akan dikembalikan utuh. Sedangkan untuk CJH yang batal berangkat akan kita ikutkan dalam waiting list musim haji tahun depan,’’ kata Herman.

Lanjutnya untuk 170 CJH kuota reguler akan diberangkatkan pada 12 Juli mendatang, sedangkan untuk CJH kuota tambahan akan diberangkatkan pada 16 Juli. Untuk keberangkatan CJH ini semua akan dilaksanakan di Masjid Agung Baitul Falihin, Kelurahan Pasar Tais, Kecamatan Seluma, pukul 06.00 WIB.

‘’Dari Masjid Falihin, CJH akan diangkut menggunakan bus ke asrama haji antara Bengkulu untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan dan pembagian visa dan paspor,’’ ujarnya.

Tambahnya setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan dan pembagian visa dan paspor, pukul 22.35 WIB, CJH akan langsung diberangkatkan menuju BIM, Sumatera Barat dan Subuh (13/7) pukul 04.05 WIB akan langsung diterbangkan menuju Madina Al Munawarah.

“Untuk keluarga yang akan mengantar, hanya diperkenankan hingga Masjid Agung Baitul Falihin, tidak diperkenankan mengantar langsung ke asrama haji antara Bengkulu,” pungkas Herman.(aba)

Berita Lainnya

Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Jajaki Kerja Sama ke Toko Retail

SELUMA – Memudahkan masyarakat dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Badan Pengelolaan Keuangan Daerah ...

error: Content is protected !!