Selasa , 23 Juli 2019
Home / Berita utama / Dua Pamen dan 303 Anggota Brimob dapat Penghargaan

Dua Pamen dan 303 Anggota Brimob dapat Penghargaan

TERIMA PENGHARGAAN: Disaksikan Gubernur Dr. H. Rohidin Mersyah, MMA, Kapolda Bengkulu mendapatkan kejutan dari Danrem 041/ Gamas Bengkulu Kolonel Inf. Dwi Wahyudi, SAN, MM dengan memberikan nasi tumpeng sebagai ucapan atas HUT Bhayangkara ke-73, Rabu (10/7). (foto: hasrul/rb)

BENGKULU – Sebanyak dua orang perwira menengah (Pamen) Polda Bengkulu pada Rabu (10/7) mendapatkan penghargaan yang diberikan langsung oleh Kapolda Bengkulu Brigjen Pol. Drs. Supratman, MH pada saat upacara HUT Bhayangkara yang ke-73 bertempat di lapangan apel Mapolda Bengkulu.

Kedua Pamen tersebut masing-masing, Kompol Manogi Simaremare yang menjabat sebagai Kanit 1 Bagwassidik Ditresnarkoba Polda Bengkulu mendapatkan tanda kehormatan yang dianugerahkan “Bintang Bhayangkara Nararya”. Kemudian, Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Bengkulu AKBP. Max Mariners, S.IK yang mendapatkan piagam penghargaan Kapolda Bengkulu atas prestasi 2017 dalam pengungkapan sindikat curanmor dan penjualan hasil kejahatan pada media sosial Facebook.

Selain itu, penghargaan didapatnya atas kerja kerasnya dalam kecepatan mengungkap kejahatan dengan kekerasaan tahun 2019, serta pengungkapan perkara pembunuhan berencana terhadap satu keluarga di Kabupaten Rejang Lebong, dan juga pengungkapan perkara pembunuhan berencana dengan cara pembuktian terbalik terhadap hilangnya siswi SMAN 4 Bengkulu.

Kapolda juga memberikan penghargaan kepada 303 anggota Satbrimob Polda Bengkulu yang telah berjasa besar dengan keberanian, kesetiaan, dan dedikasi yang luar biasa melampaui panggilan tugas dalam melaksanakan Bantuan Kendali Operasi (BKO) ke Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Tengah (Jateng) dalam rangka Operasi Mantap Brata 2019.

Sementara itu, usai melaksanakan upacara di lapangan tersebut, Kapolda Bengkulu mendapatkan kejutan atau surprise dari Danrem 041/ Gamas Bengkulu Kolonel Inf. Dwi Wahyudi, SAN, MM yang memberikan nasi tumpeng sebagai ucapan atas HUT Bhayangkara yang ke-73 tersebut. Kejutan tersebut tentu saja sebagai bukti soliditas dan keakraban yang sudah terjalin sangat baik selama ini. “Ini benar-benar sepengetahuan saya, ini luar biasa. Saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Danrem, ini kejutan. Ini juga juga sebagai bukti soliditas TNI-Polri yang sudah terjalin baik selama ini, dan kami dari dulu memang tidak terpisahkan,” ujar Kapolda Supratman.

Pada kesempatan itu Kapolda Supratman mengatakan jika dirinya mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh pemerintah daerah dan instansi terkait serta seluruh masyarakat Provinsi Bengkulu yang selama ini telah mendukung tugas-tugas Polri dalam melakukan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. “Kepada semuanya terima kasih yang telah bersama-sama menjaga keamanan, situasi kamtibmas yang ada di Provinsi Bengkulu ini,” sampai jenderal bintang satu jebolan Akpol tahun 1987 tersebut.

Kapolda juga menghatukan permintaan maaf kepada masyarakat apabila dalam pelaksanaan tugas selama ini dalam melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat belum maksimal. Ke depan, tentunya pelayanan akan terus ditingkatkan.

Hadir dalam acara tersebut, Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah, MMA, Danrem 041/ Gamas Kol Inf. Dwi Wahyudi, SAN, MM, Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) M. Andri Wahyu Sudrajat, Ketua DPRD Provinsi, Ihsan Fajri dan tamu undangan lainnya. Ikut dalam upacara Ketua Bhayangkari, Noviana Supratman, Wakapolda Bengkulu Kombes Pol. Budi Widjanarko, SH, MH beserta dengan para pejabat utama Polda Bengkulu, para pamen dan bintara di Polda Bengkulu. Usai upacara acara kemudian dilanjutkan dengan acara syukuran yang dilaksanakan di Gedung Adem, Mapolda Bengkulu.

Jokowi Instruksikan Perbaikan  SDM dan Tindakan Humanis

Sementara itu catatan prestasi Polri mencuat dalam upacara HUT ke 73 di Monumen Nasional (Monas) kemarin (10/7). Bukan dari internal Polri, namun justru dari pemimpin tertinggi Presiden Joko Widodo. Prestasi mengamankan Asian Games, Asian Para Games, IMF World Bank Annual Meeting 2018 hingga Pilpres 2019.

Tapi, bukan berarti tidak ada catatan di mata Jokowi. Dalam sambutannya, Jokowi memberikan lima instruksi terhadap Korps Bhayangkara. Pertama, meningkatkan kualitas sumber daya manusia Polri. ”Guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang kian kompleks, serta mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045,” tegasnya.

Selanjutnya, Polri juga diminta untuk mengedepankan pemolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah serta menangani berbagai permasalahan sosial dalam masyarakat. ”Ketiga, Kualitas pelayanan publik juga perlu modernisasi, mudah, murah dan cepat,” tuturnya.

Lalu, personil Polri juga perlu meningkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum. Untuk mewujudkan penegakan hukum yang transparan dan berkeadilan. ”Terakhir koordinasi dan kerja sama dengan TNI dan kementerian harus diperkuat untuk memelihara keamanan negeri,” urainya.

Sementara Kapolri Jenderal Tito Karnavian berterima kasih terhadap Presiden Jokowi atas apresiasi kinerja Polri. Menurutnya, selain berbagai event yang berhasil diamankan, memang Polri selama enam tahun berturut-turut meraih opini wajar tanpa pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Indeks Reformasi Birokrasi juga meningkat, serta terwujudnya 69 zona integritas di Polri,” jelasnya.

Capaian tersebut tidak akan bisa diraih tanpa bimbingan Presiden dan Wakil Presiden. Serta seluruh lembaga tinggi negara, DPR dan senior Polri. ”Kami siap mempedomani lima instruksi presiden,” papar mantan Kapolda Metro Jaya tersebut.

Tito juga menyinggung terkait kenaikan tunjangan kinerja yang telah mencapai 70 persen. Tunjangan kinerja itu untuk TNI dan Polri. ”Hal tersebut amat berarti bagi peningkatan kesejahteraan Polri dan TNI,” ujarnya.

Namun, juga tersimpan harapan di masa kepemimpinan lima tahun kedepan untuk dapar meningkatan tunjangan kinerja hingga 100 persen. Bila mencapai 100 persen, untuk seorang kombespol tiap bulan bisa membawa pulang Rp 25 juta hingga 30 juta. ”Ke depan insyaallah,” tuturnya. (zie/jpg)

Berita Lainnya

Kuota Tambahan Solar Tak Efektif

BENGKULU – Penyaluran kuota tambahan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar dinilai tidak efektif untuk ...

error: Content is protected !!