Selasa , 23 Juli 2019
Home / Metropolis / Jelang Idul Adha, Harga Daging Sapi Melonjak

Jelang Idul Adha, Harga Daging Sapi Melonjak

MAHAL: Harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional mulai melambung tinggi memasuki sebulan menjelang Idul Adha.(foto: wahyu/rb)

BENGKULU – Jelang menyambut Hari Raya Idul Adha atau dikenal dengan istilah lebaran haji yang tinggal sebulan lagi, tidak hanya harga cabai merah saja yang mahal. Namun harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional juga melonjak drastis. Seperti yang terlihat di Pasar Panorama, harga daging sapi mulai dari Rp 120 ribu per kilogram naik menjadi Rp 130 ribu sedangkan di kawasan Pasar Minggu harga daging kisaran Rp 120 ribu sampai Rp 125 ribu.

Salahsatu penjual daging di kawasan Pasar Panorama Efendy (49) menyebutkan permintaan masyarakat dalam beberapa hari ini memang mulai meningkat. Karena itu, harga daging sapi relatif mahal.

“Ya kalau naik harga dalam beberapa hari inilah. Sebab permintaan masyarakat memang sangat tinggi selama sepekan terakhir ini. Apalagi sudah menjadi tradisi seperti bulan puasa, hari raya lebaran idul fitri maupun lebaran idul adha masyarakat banyak membeli daging buat kebutuhan,” kata Efendy.

Senada disampaikan pedagang daging lainnya Wati (45) menuturkan, bahwa harga daging mahal itu lantaran permintaan masyarakat juga lumayan tinggi selama sepekan terakhir. “Jadi karena permintaan tinggi otomatis kerap terjadi kenaikan. Apalagi kami ini pedagang, sapi kita beli juga mahal jelang lebaran haji ini. Maka terpaksa juga mahal, ini sudah bertahun-tahun begitu terus,” ucapnya.

Terpisah, Anggota DPRD kota Rena Anggraini meminta agar Dinas Pasar terkait untuk mengawasi ketat terkait adanya lonjakan harga kebutuhan pokok disejumlah pasar tradisional. “Bila tidak diawasi ketat, maka harga kebutuhan pokok akan lamban stabilnya. Jadi masalah ini seharusnya juga menjadi perhatian serius, jangan sampai masyarakat terus dirugikan. Akibat adanya kelonjakan harga kebutuhan pokok yang terus terjadi ini,” ujarnya.

 

Harga Bawang  Naik

Sementara itu, sejumlah harga bawang juga ikut naik. Salah seorang pedagang di Pasar Panorama, Zulbi Hasanah (38) mengatakan, bawang merah dan bawang putih sebelumnya berada di kisaran Rp 25.000/kg saat ini naik menjadi Rp 30.000/kg. “Kalau bisa harga seperti normal biasa, supaya antara pembeli sayuran dan pedagang sayur bisa terjangkau,” katanya.(new/cw3)

Berita Lainnya

2.500 Alat Tangkap Baby Lobster Dimusnahkan

BENGKULU – Sebelumnya, Lanal Bengkulu dan Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan ...

error: Content is protected !!