Jumat , 15 November 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Kades Akui Hanya Bangun 46 WC

Kades Akui Hanya Bangun 46 WC

ARGA MAKMUR – Kades Taba Kelintang, Kecamatan Batik Nau, Anton mengaku siap diperiksa Kejari Bengkulu Utara terkait laporan warganya atas dugaan korupsi dana desa (DD) tahun 2018. Namun ia merasa sudah sesuai aturan dalam pelaksanaan DD tersebut.

Soal proyek pembangunan 107 WC di rumah warga, ia mengaku hanya membangun 46 WC dan sisanya diberikan uang. Menurut Anton, warga penerima program memaksa meminta uang dan berjanji akan membangun sendiri, meskipun sampai saat ini belum dibangun. Namun ia membantah jika masing-masing warga hanya diberi uang Rp 3 juta dan diminta menandatangani kuitansi kosong.

Dijelaskan Anton, setiap warga menerima uang Rp 4.750.000 sesuai dengan Pagu yang tertuang dalam APBDes dan tidak menandatangani kuitansi kosong.  “Kuitansinya ada dan ditandatangani. Besarannya sesuai pagu anggaran,” terangnya.

Ia juga mengakui menjual besi bekas jembatan yang roboh. Namun versinya hal itu berdasarkan hasil kesepakatan dengan BPD dan uangnya untuk membangun masjid desa. “Uang jual besi Rp 3,1 juta. Itu diserahkan ke masjid sesuai dengan hasil kesepakatan. Saya siap jika memang nanti dimintai klarifikasi oleh jaksa,” tegas Anton.

Sebelumnya, kades dilaporkan warganya ke jaksa terkait dugaan korupsi. Selain dalam proyek WC dan besi jembatan, warga juga mempertanyakan keuntungan BUMDes yang tidak pernah dilaporkan dan diduga tidak masuk kas desa.(qia)

Berita Lainnya

Kakek Gantung Diri

ENGGANO – Sukio Joko Sumitro (65) warga Desa Kaana, Kecamatan Enggano pukul 17.00 WIB kemarin, ...

error: Content is protected !!