Selasa , 23 Juli 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Lelang Jabatan Dibatasi Usia 56 Tahun

Lelang Jabatan Dibatasi Usia 56 Tahun

Hidayattullah sjahid

KEPAHIANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang telah membuka pendaftaran lelang jabatan eselon II, untuk mengisi jabatan tinggi pratama di 9 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kepahiang. Dari pembukaan pendaftaran ini, ada syarat utama yang harus diikuti oleh pejabat yang ingin mendaftarkan diri. Yakni usia maksimal 56 tahun pada saat pelantikan nantinya.

Diungkapkan Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM.IPU, persyaratan yang ada tersebut sudah sesuai dengan Undang – Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 13 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Secara Terbuka di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Nantinya setelah tahapan pendaftaran ini, seleksi administrasinya akan dilakukan langsung oleh tim sekretariat. Kemudian diserahkan ke Panitia Seleksi dilanjutkan kemudian kepada bupati, dan berakhir di Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Setelah dinilai layak dan tidak ada pelanggaran oleh KASN, maka nama-nama tersebut akan dikembalikan lagi kepada bupati dan ditetapkan dengan SK Bupati.

“Kalau KASN belum setuju, berarti ada yang janggal dengan tahapan dan persyaratannya. Jadi Bupati nantinya menetapkan sesuai dengan hasil penilaian kelayakan oleh KASN,” terang Bupati, kemarin (10/7).

Adapun 9 OPD yang melakukan lelang jabatan tersebut yakni Sekretariat Dewan (Setwan), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Badan Keuangan Daerah (BKD), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Statistik (Kominfosantik), Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora), Dinas Kesehatan (Dinkes), dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

“Saat ini proses lelang resmi dibuka, Pemkab Kepahiang mempersilakan kepada siapa saja pejabat yang berminat, untuk melakukan pendaftaran sesuai dengan kemampuan yang dimiliki masing- masing. Hal ini dilakukan dalam rangka menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Kepahiang,” tambah Bupati.

Kemudian untuk cakupan dari lelang jabatan ini, Bupati menegaskan hanya untuk para pejabat eselon II yang bertugas di lingkungan Pemkab Kepahiang saja. Hal tersebut menurut Bupati untuk memaksimalkan kemampuan dan potensi yang dimiliki oleh pejabat di lingkungan Pemkab Kepahiang, untuk ikut andil dalam pembangunan daerah ke depannya.

“Ya kalau kita buka untuk daerah lain di Provinsi Bengkulu, kita khawatir banyak pejabat eselon II kita yang tidak bisa bersaing. Karena di beberapa wilayah para pejabat eselon II sudah memenuhi persyaratan yang lebih lengkap, dan telah mengikuti berbagai pelatihan dan pendidikan lainnya,” demikian Bupati. (sly)

Berita Lainnya

Pagi Ini, 25 Caleg Terpilih Ditetapkan

KEPAHIANG – Setelah sempat mengalami penundaan sekitar 19 hari, lantaran belum terbitnya Surat Keputusan (SK) ...

error: Content is protected !!