Selasa , 23 Juli 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Mantan Kades Bakal Ditetapkan DPO

Mantan Kades Bakal Ditetapkan DPO

Fatkhuri

ARGA MAKMUR – Mantan Kades Karya Pelita, Kecamatan Marga Sakti Sebelat berinisial US sudah dua kali tidak memenuhi panggilan penyidik Kejari Bengkulu Utara. Minggu ini, jaksa akan mengirimkan panggilan kedua pada US dan merupakan kesempatan terakhir bagi US untuk datang memenuhi panggilan.

Kajari Bengkulu Utara Fatkhuri, SH menerangkan dalam waktu pangilan ketiga US tak juga hadir dan tak memberikan kabar pada penyidik, maka jaksa akan mencari US untuk dijemput paksa. Penyidik sudah menetapkan US sebagai tersangka kasus korupsi Dana Desa (DD) 2017 dengan kerugian negara hampir Rp 400 juta.

“Kita berharap dipanggilan terakhir ini tersangka akan datang. Jadi proses hukum ini berjalan dan tidak seperti dipersulit,” kata Fatkhuri.

Jika sampai panggilan ketiga ini tidak hadir, maka bukan hanya Kejari Bengkulu Utara atau Kejati yang mencarinya. Identitas dan fotonya akan masuk dalam server Daftar Pencarian Orang (DPO), kejaksaan seluruh Indonesia yang akan mencarinya. “Jadi tidak ada gunanya menghindari tanggung jawab, pasti akan tertangkap,” tegasnya.

Meskipun masih menunggu pada panggilan ketiga, namun jaksa sudah mulai mengumpulkan informasi keberadaan US. Hal ini mengantisipasi US kembali mangkir, sehingga akan langsung dilakukan penjemputan paksa. “Di hari panggilan tidak hadir, langsung kita cari keberadaannya dengan perintah jemput paksa. Karena kita nilai tidak kooperatif lagi dan berusaha mempersulit penyidikan,” tegas Fatkhuri.

Ia mengimbau agar US menyerahkan diri. Jaksa akan menunjuk pengacara bagi US jika memang tidak memiliki pengacara sebagai hak tersangka korupsi. Dengan melarikan diri maka hal itu dinilai bisa menjadi pertimbangan jaksa sebagai penuntut dan majelis hakim nanti untuk memberikan tuntutan dan putusan lebih berat. “Jika mempersulit proses hukum hanya akan mempersulit tersangka saja. Karena kita sudah memiliki bukti terjadinya tindak pidana korupsi dan menetapkan US sebagai tersangka,” tandasnya.(qia)

Berita Lainnya

Usut 2 Kasus Korupsi DD

ARGA MAKMUR – Dalam tahun ini, Kejari Bengkulu Utara sudah menetapkan dua tersangka kasus dugaan ...

error: Content is protected !!