Selasa , 23 Juli 2019
Home / Daerah / Seluma / Pilkades Serentak 7 November

Pilkades Serentak 7 November

Suparto

SELUMA – Pilkades serentak dijadwalkan akan digelar 7 November mendatang. Sesuai keputusan rapat koordinasi (rakor) tahap awal persiapan pelaksanaan pilkades serentak Kabupaten Seluma di ruang rapat Bupati Seluma, Rabu (10/7) pagi.

Rapat dipimpin Wakil Bupati Seluma, Drs. Suparto, M.Si di hadapan Plt. Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Seluma, Saparudin, S.Pd serta seluruh camat di Kabupaten Seluma meminta agar semua tahapan pilkades serentak ini dapat terlaksana dengan sukses. Dinas PMD Seluma selaku OPD yang membidangi harus siap menyukseskan tahapan tersebut hingga terpilihnya 85 kades, hasil pilkades serentak 7 November. ‘’Laksanakan semua tahapan dengan baik, sesuai dengan aturannya untuk memilih kades periode 2019-2025 mendatang,’’ pinta Suparto.

Sementara Saparudin menjelaskan bahwa tahapan pilkades serentak telah di mulai. Yakni sosialisasi ke 85 desa yang ikut dalam pilkades serentak. ‘’Untuk anggaran pilkades sudah dianggarkan dalam APBD 2019 sebesar Rp 900 juta. Dana digunakan untuk sosialisasi syarat dan mekanisme pencalonan kades serta pengadaan surat suara,’’ sampainya.

Dalam pilkades serentak ada perubahan aturan. Dimana calon kades tidak harus warga desa setempat, boleh calon dari luar. Namun harus diperhatikan bahwa cakades tidak bekerja di tempat lain atau rangkap jabatan.’’Jadi begitu terpilih, yang bersangkutan harus mengundurkan diri dari pekerjaan sebelumnya. Jika tidak, maka tidak bisa dilakukan pelantikan walaupun telah terpilih saat pilkades,’’ terang Saparudin.

Untuk tahapan sosialisasi PMD Seluma akan turun langsung ke 85 desa. Sosialisasi meliputi peraturan dan syarat penjaringan cakades. Termasuk pembentukan panitia pilkades di 85 desa terkait. ‘’Untuk pelantikan kades terpilih kita jadwalkan di Desember atau satu bulan sesudah pilkades digelar,’’ demikian Saparudin.(aba)

Berita Lainnya

Agustus, 30 Caleg Terpilih Dilantik

SELUMA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Seluma menggelar rapat pleno terbuka penetapan 30 caleg terpilih ...

error: Content is protected !!