Selasa , 23 Juli 2019
Home / Daerah / Curup Pos / UKM Diminta Urus Sertifikat Halal

UKM Diminta Urus Sertifikat Halal

MabrurSyah

CURUP – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Rejang Lebong (RL) meminta dan mengimbau agar pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kabupaten RL untuk mengurus sertifikat halal guna memasarkan produk mereka. Baik produk yang dipasar baru untuk wilayah Kabupaten RL, apalagi produk makanan dan minuman yang sudah dipasarkan untuk skala provinsi hingga skala nasional.

Diungkap Ketua MUI Kabupaten RL Mabrursyah kepada RB, sertifikat halal dikeluarkan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat dan Kosmetika, Majelis Ulama Indonesia (LPPOM-MUI) Provinsi Bengkulu. Sertifikat dikeluarkan guna untuk menyatakan kehalalan dari suatu produk sesuai dengan syariat Islam.

‘’Sertifikat ini sebagai salah satu syarat untuk pelaku usaha yang akan mengurus izin pencantuman label halal pada kemasan produk yang akan dipasarkan. Meskipun baru dipasarkan di wilayah Rejang Lebong, tetap kita harapkan mengurus sertifikat halal. Apalagi yang sudah dipasarkan hingga keluar kabupaten dan sudah ada di pasar nasional,’’ terang Mabrursyah.

Adapun beberapa persyaratannya, sambung Mabrursyah, untuk usaha pengolahan makanan dan minuman atau restoran di antaranya tidak menggunakan bahan yang mengandung babi dan produk turunannya. Tidak menggunakan bahan yang mengandung khamr atau alkohol, narkoba dan lainnya, serta produk sejenis. Kemudian untuk bahan yang berasal dari hewan haruslah hewan yang halal, yang disembelih sesuai syariat Islam yang dibuktikan dengan sertifikat halal, kecuali hewan yang hidup di air.

‘’Serta tidak boleh mengandung bahan-bahan lain yang diharamkan atau tergolong najis seperti bangkai, darah, khamr, bahan-bahan yang berasal dari organ manusia, kotoran hewan. Untuk mengurus sertifikat halal yang berlaku selama dua tahun itu dan pengurusannya tidak memakan waktu. Dengan adanya sertifikat, konsumen tidak ragu-ragu membeli produk yang dihasilkan pelaku usaha,’’ demikian Mabrursyah.(dtk)

Berita Lainnya

Golkar Pemenang Pileg Rejang Lebong

CURUP – Partai Golongan Karya (Golkar) dinyatakan sebagai pemenang Pemilihaan Legislatif (Pileg) dalam Pemilu tahun ...

error: Content is protected !!