Selasa , 23 Juli 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Batik Nau Terbanyak Bayi Lahir Stunting

Batik Nau Terbanyak Bayi Lahir Stunting

Mian

ARGA MAKMUR – Bengkulu Utara (BU) sudah menargetkan tahun 2020 tidak ada lagi bayi yang lahir stunting atau tinggi yang tidak ideal. Saat ini tercatat Kecamatan Batik Nau menjadi kecamatan yang terbanyak bayi lahir stunting dengan jumlah 11 dari 40 bayi yang lahir.

Bupati Bengkulu Utara, Ir. Mian meminta Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan Camat untuk turun melakukan kunjungan pada keluarga yang bayinya lahir stunting tersebut. Selain memperbaiki gizi bayi, ketiga OPD itu juga diminta untuk mencari asal permasalahannya.

“Karena stunting itu awal mula masalahnya adalah gizi. Lalu apa permasalahannya. Apakah faktor ekonomi yang menyebabkan anak kurang mendapatkan asupan gizi,” kata Mian.

Bukan hanya Kecamatan Batik Nau, namun seluruh kecamatan yang terdapat bayi lahir stunting, bupati meminta Dinas Kesehatan memantau perkembangan bayi perminggu dengan pemberian gizi tambahan hingga bayi bisa lepas dari status stunting. “Kita cek terus, bantu keluarganya dan berikan gizi tambahan bagi bayi. Sehingga tahun 2020 nanti tidak ada lagi bayi di Bengkulu Utara yang berstatus stunting,” harap Mian.

Ia juga mengimbau ibu hamil untuk rutin memeriksakan kandungannya ke Puskesmas atau bidan desa. Sehingga bisa diketahui perkembangan janin hingga persalinan, termasuk memberikan gizi tambahan jika masuk dalam kategori keluarga tidak mampu. “Jika memang sudah terjadi stunting kita akan tangani. Namun yang terpenting tentunya pencegahan agar itu tidak terjadi, maka saya mengimbau untuk rutin memeriksakan kandungan dan Pemkab Bengkulu Utara siap membantu jika memang kekurangan gizi asupan gizi karena persoalan ekonomi,” terangnya.

Ia juga menuturkan banyak program pemerintah untuk membantu masyarakat yang kurang beruntung. Mulai dari Program Keluarga Harapan (PKH) termasuk bantuan gizi tambahan dari Dinas Kesehatan jika ada balita stunting, gizi kurang atau gizi buruk.(qia)

Berita Lainnya

Sebulan Tiga Anak, Korban Kekerasan Seksual

ARGA MAKMUR – Kasus kekerasan seksual pada anak memang terbilang tinggi terjadi di Bengkulu Utara ...

error: Content is protected !!