Rabu , 20 November 2019
Home / Daerah / Seluma / BPD Harus Aktif Awasi Realisasi DD

BPD Harus Aktif Awasi Realisasi DD

SELUMA – Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Seluma, Saparudin, S.Pd kembali mengingatkan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) untuk lebih aktif melakukan pengawasan. Khususnya dalam realisasi Dana Desa (DD) setiap tahapannya. Realisasi DD oleh 182 desa harus sesuai dengan yang telah direncanakan atau yang telah dicantumkan dalam APB-Des.

‘’Pengawasan yang dimaksud secara umum. Kalau untuk pengawasan spesifik tentu menjadi wewenangnya pendamping desa,’’ sampai Saparudin kepada RB, kamis (11/7).

Sebagai perwakilan masyarakat, BPD harus mampu menyuarakan keinginan masyarakat. Semua saran dan masukan yang disampaikan oleh warga ditampung yang kemudian disampaikan kepada kepala desa (kades). ‘’Tugas BPD ini hampir sama dengan tugas dan wewenang DPRD, melaksanakan fungsi pengawasan terhadap semua program yang dijalankan oleh pemerintah daerah. Kalau untuk BPD, mengawasi semua program yang dilaksanakan oleh desa sesuai dengan usulan dan keinginan masyarakat,’’ paparnya.

Dengan adanga peran BPD dalam melakukan pengawasan realisasi DD diharapkan ke depan tidak ada lagi desa yang tersandung perkara hukum saat dilakukan audit oleh Inspektorat Seluma. Sehingga realisasi DD ini benar-benar maksimal, sesuai perencanaan sebelumnya.

‘’Tapi juga harus ingat, BPD tidak boleh menindak jika memang ada kejanggalan dalam realisasi DD ini. Cukup ingatkan kades dan perangkatnya, jika memang diperlukan rekomendasikan ke Inspektorat atau pun Dinas PMD agar dilakukan pemeriksaan terhadap pekerjaan yang sedang dilaksanakan,’’ ujar Saparudin.

Kepada 45 pendamping desa Saparudin meminta agar dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya dalam melakukan pendampingan terhadap desa merealisasikan DD. ‘’Pendamping desa sudah ada wilayah tugasnya masing-masing. Jadi lakukanlah pendampingan terhadap desa yang menjadi wilayah tugasnya tersebut dalam merealisasikan DD ini sebaik mungkin,’’ demikian Saparudin.(aba)

Berita Lainnya

Pergantian Musim, Waspada Demam Berdarah Dangue

SELUMA – Memasuki pergantian musim kemarau ke musim penghujan, masyarakat Kabupaten Seluma diminta waspada. Khususnya ...

error: Content is protected !!