Sabtu , 21 September 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Daftarkan Lima Varietas Tanaman Asli Rejang Lebong

Daftarkan Lima Varietas Tanaman Asli Rejang Lebong

Taman

CURUP – Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong (RL) semakin meningkatan upaya pengakuan berbagai varietas produk pertanian, baik buah maupun sayuran asli Kabupaten RL. Terbaru mereka sudah mendaftarkan lima varietas produk pertanian ke Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian RI.

Diungkapkan Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten RL Taman, SP, M.Si didampingi Kabid Ketahanan Pangan Ahmad Safriansyah, lima varietas tersebut yaitu wortel dan kubis bunga. Serta tiga varietas lainnya masing-masing buah pisang ambon Curup, buah pisang ambon hijau dan buah pisang ambon kuning (Hijau kuning).

‘’Khusus dan cukup unik, yaitu jenis pisang ambon Hijau kuning yang buahnya tidak bulat. Melainkan agak persegi dan hanya bisa ditanam dalam area Kota Curup tidak lebih dari 12 km. Karena jika lebih dari itu rasanya akan berubah dan tidak sama. Bahkan jenis pisang ambon hijau kuning ini sudah menang dalam kontes pisang ambon tingkat nasional di Bogor 2018 lalu. Yaitu sebagai juara pertama ‘Banana Genetic-diversity Fair’,’’ ungkap Taman.

Ditambahkan Taman, buah pisang ambon hijau kuning yang mulai dikenal masyarakat luas ini pengembangannya masih terbatas. Kendati umurnya 8-9 bulan sudah bisa panen, namun warga yang menanamnya masih terbatas karena bibitnya sulit didapatkan. Saat ini mereka sendiri sedang berupaya menjalin kerja sama dengan Balai Besar Biotekhnologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian Bogor.

‘’Ini untuk dilakukan penelitian mulai dari proses pertumbuhan, pembiakan hingga cita rasanya yang berbeda. Untuk sebagai bahan penelitian, sudah dibawa sample anakan dan jantung pisangnya. Semoga dengan adanya penelitian dan pengembangan kultur jaringan ini, dalam tempo dua sampai empat bulan kedepan sudah tersedia bibit untuk pengembangannya,’’ demikian Taman.(dtk)

Berita Lainnya

17 Hektare Lahan Terbakar

CURUP – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Rejang Lebong (RL) mencatat sepanjang dua bulan belakangan, ...

error: Content is protected !!