Rabu , 13 November 2019
Home / Metropolis / DLH Perbanyak Papan Info Larangan

DLH Perbanyak Papan Info Larangan

PASANG: Petugas DLH Kota Bengkulu sedang memasang sejumlah papan larangan yang berisikan sanksi terhadap masyarakat yang membuang sampah secara sembarangan, Kamis (11/7).(foto: yudi/rb)

BENGKULU – Tumpukan sampah yang dibuang sembarangan di beberapa sudut Kota Bengkulu, menjadi suatu permasalahan yang tak kunjung usai. Hal itu dikarenakan kesadaran masyarakat yang masih kurang dalam menjaga lingkungan.

Untuk mempertegas sanksi bagi pelanggar, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu memasang papan peringatan di sejumlah titik rawan yang sering dijadikan tempat masyarakat membuang sampah secara sembarangan.

Papan larangan tersebut juga bertujuan untuk mengimbau kepada seluruh masyarakat agar membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan. sejumlah papan larangan tersebut dipasang di Pancur Mas dan di Kandang Mas dan titik rawan lainnya. Hal itu dikatakan Kepala Bidang Persampahan DLH Kota Bengkulu, Rusman Effendy.

Ia mengatakan pemasangan papan peringatan dan papan edukasi ini, bertujuan untuk membangun rasa kesadaran bersama dalam pengelolaan sampah. mengenai efektifitas pemasangan papan peringatan, ia mengakui sangat dibutuhkan peran serta masyarakat untuk ikut serta melakukan pengawasan dan berperan aktif mengurangi sampah. Kita juga meminta masyarakat untuk bekerja sama dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat(LPM) di setiap kelurahan karena salah satu fungsinya adalah mengatasi persampahan.

“Kita sebar beberapa titik, untuk efektif atau tidaknya itu kembali lagi ke masing-masing masyarakat,” ujarnya.

Ia juga menambahkan pihaknya juga sudah menyiapkan petugas Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Petugas OTT tersebut akan selalu melakukan pengawasan setiap harinya yang akan langsung menindak oknum masyarakat yang kedapatan membuang sampah secara sembarangan.

Oknum masyarakat yang terciduk tersebut akan dikenakan sanksi sosial dan namanya akan dicatat oleh DLH Kota.  Pencatatan itu bertujuan apabila oknum tersebut masih kedapatan mengulangi kelakuannya maka akan diberikan sanksi sesuai Perda Nomer 2 Tahun 2011 tentang pengelolaan sampah di Kota Bengkulu. Sanksi tersebut bisa berupa kurungan maupun denda bahkan hingga Rp 5 juta.

Oleh karena itu ia juga meminta bantuan dari seluruh masyarakat untuk ikut membantu mengawasi dan melaporkan jika ada oknum yang kedapatan sedang membuang sampah secara sembarangan.

“Kalaupun tidak mau repot dalam membuang sampah dapat melaporkannya ke DLH Kota, kami siap mengakomodirnya untuk penangkutan sampah dari rumah kerumah dari satu kelurahan,” tutupnya.(cup).

Berita Lainnya

CSR BNI, Gelar Pelatihan Rescue Untuk Pelaku Usaha Wisata Perahu

BENGKULU–  Untuk menciptakan wisata yang aman dan nyaman, sehingga berimbas pada peningkatan pendapatan masyarakat dibidang ...

error: Content is protected !!