Sabtu , 21 September 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Lakukan Pembangunan Fisik Sesuai Kewenangan

Lakukan Pembangunan Fisik Sesuai Kewenangan

Zulkarnain

CURUP – Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong (RL) meminta pemerintah desa/kelurahan agar melakukan pembangunan fisik pada item aset infrastruktur sesuai kewenangan. Artinya tidak melakukan pembangunan fisik pada item-item aset infrastruktur yang merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi maupun kewenangan Pemerintah Kabupaten. Agar tidak terjadi tumpang tindih pembangunan maupun kepemilikan aset nantinya.

Hal ini disampaikan Plt. Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Zulkarnain, SH melalui Kabid Aset Yudi Irawan kepada RB kemarin. ‘’Karena memang ada tiga aturan yang membatasi hal tersebut sesuai batas kewenangan. Sehingga pemerintah desa tidak boleh melakukan pembangunan fisik pada item infrastruktur kewenangan provinsi maupun kabupaten,’’ terang Yudi.

Tita aturan tersebut, dijelaskan Yudi, yaitu Permendagri nomor 19 tahun 2016 tentang Pengelolaan Aset milik Daerah dan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Rejang Lebong nomor 3 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Barang milik Daerah. Serta Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2018 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2019.

Berdasarkan ketiga aturan tersebut, lanjut Yudi, disebutkan intinya bahwa penggunaan Dana Desa hanya diperbolehkan untuk melakukan Pengadaan, pembangunan, pengembangan, dan pemeliharaan infrastruktur dan sarana prasarana lainnya yang sesuai dengan kewenangan Desa dan diputuskan melalui musyawarah Desa. Begitu juga batasan maupun kewenangan penggunaan DD yang diaturkan dalam ketiga aturan tersebut harus difahami betul oleh pemerintah desa. ‘’Jadi penggunaan dana desa maupun alokasi dana desa tidak asal-asalnya dan harus memperhatian setiap aturan. Sehingga kedepan tidak menimbukan masalah hukum bagi pemerintah desa,’’ demikian Yudi.(dtk)

Berita Lainnya

17 Hektare Lahan Terbakar

CURUP – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Rejang Lebong (RL) mencatat sepanjang dua bulan belakangan, ...

error: Content is protected !!