Selasa , 23 Juli 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Nelayan Dibantu Modal

Nelayan Dibantu Modal

Nasyyardi

MUKOMUKO – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Mukomuko siap memberikan modal usaha bagi masyarakat nelayan. Modal usaha yang siap diberikan berbentuk uang, dengan jumlah sesuai permohonan pengajuan proposal yang disampaikan.

“Bisa puluhan hingga ratusan juta,” kata Kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mukomuko, Nasyyardi, S.Pi.

Tetapi untuk mendapat modal usaha itu ada beberapa syarat yang harus dilengkapi oleh nelayan. Seperti modal usaha yang diajukan itu, benar-benar untuk pengembangan usaha bidang perikanan. Kemudian kelompok harus berbadan hukum dan memiliki angunan.

Modal usaha yang siap diberikan oleh KKP, bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat nelayan melalui usaha yang digeluti nelayan.

Sebab selama ini kelompok yang mengembangkan usaha bidang perikanan masih terkendala dengan permodalan. “Ini kesempatan bagi kelompok yang bergerak bidang perikanan untuk mengajukan pinjaman modal ke Kementerian,” jelas Nasyyardi.

Sementara itu Pendamping Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP), Indra Saputra, S.Pi, menambahkan untuk kelompok yang mengajukan permohonan

modal usaha, nanti akan dilakukan survei lokasi.

Ini untuk memastikan usaha yang mereka lakukan. Jika benar pemohon harus memberi anggunan berupa sertifikat lahan. ‘’Bunga pinjaman modal ini kecil. Hanya sekitar 3 persen dari nilai modal,” papar Indra.

Sedangkan masa pengembalian, lanjut Indra, akan diangsur. Mulai dari setahun hingga 5 tahun. Angsurannya ada pilihan bisa setiap bulan, pertiga bulan atau setiap perenam bulan.

Sekarang sudah ada 3 kelompok yang ajukan peminjaman. Dari 3 kelompok tersebut, 1 diantaranya sudah direalisasikan, dan 2 kelompok lainnya masih dalam proses.(hue)

Berita Lainnya

Segera Penetapan Tersangka Kasus Pemdes

MUKOMUKO –Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Mukomuko, Agus Irawan Yustisianto, SH, MH, menyatakan segara ada penetapan ...

error: Content is protected !!