Selasa , 23 Juli 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / SMA/SMK Masih Terima Siswa Baru

SMA/SMK Masih Terima Siswa Baru

BENTENG – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019/2020 tingkat SMA/SMK berakhir Rabu (10/7) lalu. Namun tidak satu sekolahpun terpenuhi kuota siswa baru. Bahkan di SMKN 3 Benteng, dari 64 kuota siswa baru hanya ada 5 siswa yang mendaftar. Termasuk SMAN 1 Benteng, dari 340 kuota siswa baru yang mendaftar hanya 170 orang (lihat grafis). Sehingga SMA/SMK di Benteng diberikan kebijakan khusus untuk tetap bisa menerima siswa baru, jika ada yang mendaftar nantinya.

Kasi Cabdin Diknas SMA/SMK Wilayah VIII, Karang Tinggi (Kab.Benteng) Diknas Provinsi Bengkulu, Andang Parlindungan SH mengungkapkan banyaknya SMA/SMK yang kekurangan pendaftar dikarenakan lulusan SMP sederajat di Kabupaten Benteng, banyak yang melanjutkan sekolah keluar Benteng.

“Selain SMA di kota, juga ada yang mendaftar di SMK kota,” jelasnya.

Untuk sekolah yang hampir terpenuhi kuota siswa barunya hanya SMAN 3 Benteng di Kecamatan Pondok Kelapa. Dari 306 kuota yang mendaftar 296 calon siswa baru.  Lantaran Kecamatan Pondok Kelapa memiliki jumlah penduduk terbanyak di Benteng. Selain warga Benteng, calon siswa juga berasal dari daerah perbatasan Bengkulu Utara. Seperti Kecamatan Kerkap dan Air Besi yang juga berada di wilayah zonasi. Tentu saja ini menjadi keuntungan SMAN 3 Benteng dalam PPDB sistem zonasi. Namun demikian, Andang telah menginstruksikan kepada sekolah yang masih kekurangan siswa untuk bisa menerima siswa yang datang mendaftar, karena ditolak oleh sekolah lain. “Sehingga semua sekolah dan siswa akan saling terbantukan dengan ketentuan tambahan ini,” katanya.

Kepala SMAN 7 Benteng, Afrianto Kasman, S.Pd bahwa mengatakan mereka tetap menerima siswa baru walaupun PPDB telah ditutup. Sistem zonasi memang ada lebih dan kurangnya. Namun, Kasman berharap masih ada calon siswa yang mendaftar sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai.

“Sekolah kami masih kekurangan sekitar 40 persen dari kuota untuk 2 ruang belajar yang disediakan,” demikian Kasman.(vla)

Berita Lainnya

Bupati Tutup JPD XII

BENTENG – Bupati Bengkulu Tengah (Benteng), Dr. H. Ferry Ramli, SH, MH, Sabtu (20/7) malam ...

error: Content is protected !!