Jumat , 15 November 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Tunggu pengunduran Diri Kades Taba Terunjam

Tunggu pengunduran Diri Kades Taba Terunjam

Jaka Santoso

BENTENG – Pemkab Benteng masih menunggu konfirmasi langsung dari Kades Taba Terunjam, Hartanto, SHI. Sebelumnya Hartanto membuat pernyataan ingin mengundurkan diri setelah beberapa saat dilantik. Kabag Pemerintahan, Jaka Santoso menjelaskan pengunduran diri itu memang hak Hartanto. Namun pengunduran diri tidak bisa lewat ucapan saja. Tetapi harus secara tertulis disampaikan ke Pemkab Benteng. “Kalau bisa juga dijelaskan alasan yang melatar belakangi sehingga mau mengundurkan diri,” kata Jaka Santoso.

Pemkab tidak bisa melarang kades mengundurkan diri. Karena, hal itu merupakan hak pribadi kades yang juga diatur dalam undang-undang terkait dengan kebebasan memilih dan menyatakan pendapat. Tetapi hingga hari kedua setelah dilantik sebagai kades, belum ada surat pengunduran diri yang dilayangkan Hartanto. “Kami siap membantu jika diperlukan,” ujarnya.

Sementara itu, Hartanto mengaku niatan untuk mengundurkan diri murni karena ada pekerjaan lain yang mengharuskan dirinya memilih. Apalagi dirinya saat ini tercatat sebagai anggota partai politik. Sehingga bertentangan dengan aturan. Dimana seorang aparatur pemerintah tidak boleh menjabat dan menjadi anggota partai politik. Kemudian sebelumnya di pemilu serentak lalu dirinya juga menjadi caleg meskipun belum meraih kursi di DPRD Benteng.

Hal lainnya karena saat ini dirinya juga ingin fokus menjalankan tugas sebagai advokat, yang akan banyak menyita waktu di luar. Sementara untuk Kades setidaknya harus siap untuk mengawasi dan membantu warga selama 24 jam di Desa.

“Mungkin akan ada yang lebih siap nanti setelah resmi mengundurkan diri,” demikian Hartanto.(vla)

Berita Lainnya

Masa Sanggah Hasil Pilkades, Seminggu

BENTENG – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 46 desa se Kabupaten Bengkulu Tengah berjalan sukses. ...

error: Content is protected !!