Sabtu , 24 Agustus 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Benteng Produksi Garam

Benteng Produksi Garam

PRODUKSI GARAM: Panen perdana produksi garam dilaksanakan di Kecamatan Pondok Kelapa, Jumat (12/7).(FOTO: FINTAH/RB)

BENTENG – Mengantisipasi langkanya garam, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) melalui masyarakat kelompok-kelompok nelayan di Kecamatan Pondok Kelapa, mulai mengembangkan produksi garam. Meskipun masih dalam jumlah kecil, namun Jumat (12/7) produksi garam sudah mulai dipanen.

Kadis Kelautan dan Ketahahan Pangan Benteng, Hj. Yuhanah, MM menjelaskan, pemerintah tentu mendukung sekali apa yang dilaksanakan dan menjadi program kerja kelompok nelayan yang ada di Benteng. “Kami akan melakukan pembinaan dan juga pendampingan agar ke depan lebih maju lagi,” terangnya, Jumat (12/7).

Produksi garam ini, lanjutnya, adalah tahapan uji coba. Program ini melalui Dinas Kelautan Provinsi Bengkulu. Sementara untuk Benteng hanya menjalankan sebagai pemilik wilayah melalui kelompok perajin yang mulai bermunculan di Kabupaten Benteng.

Saat ini, tim riset langsung dari Palembang juga sedang melakukan penelitian terutama untuk kandungan Na dan Cl yang terdapat dalam garam yang diproduksi masih dalam hitungan industri rumah tangga tersebut. “Diharapkan, hasilnya memang bisa dipasarkan karena akan membuka ladang usaha baru bagi masyarakat nelayan di Kabupaten Benteng,” katanya.

Saat ini, meskipun sudah ada permintaan dari daerah luar Benteng, namun Yuhanah juga menyarankan tidak dulu dipasarkan sebelum keluarnya hasil riset dari tim. Sementara saat ini garam produksi kelompok nelayan juga sudah banyak yang dikonsumsi sendiri terutama oleh warga nelayan yang ada di Kecamatan Pondok Kelapa.

Yuhanah menegaskan, secara kualitas, garam produksi dari Benteng ini sudah bagus. Kalau garam lain untuk produksi ikan asin digunakan kelompok nelayan 1 berbanding 3. Sedangkan untuk hasil produksi kelompok nelayan Benteng sendiri, sudah bisa menghemat dengan perbandingan setengah kilogram garam berbanding 3 kilogram ikan. “Sudah bisa menyusut pengeluaran hingga setengah kilogram garam,” demikian Yuhanah. (vla)

Berita Lainnya

Penyerobot Lahan Tahura Tak Bisa Urus Sertifikat

BENTENG – Lahan Taman Hutan Raya (Tahura) Rajo Lelo di Desa Tanjung Terdana, Kecamatan Pondok ...

error: Content is protected !!