Sabtu , 29 Februari 2020
Home / Daerah / Mukomuko / Mantan Sekda Disidang

Mantan Sekda Disidang

Agus Irawan Yustisianto

MUKOMUKO – Penanganan perkara dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) makan minum yang menyeret mantan Sekda Mukomuko H. Syafkani SP, memasuki babak baru.

Proses hukumnya sekarang berlanjut ke meja persidangan. Kalau tak ada kendala teknis, proses sidang segera digelar di Pengadilan Tipikor Bengkulu. “Sidang perdananya sudah mulai. Terdakwanya mantan Sekda Mukomuko,” kata Kajari Mukomuko, Agus Irawan Yustisianto, SH, MH.

Adapun agenda sidangnya, adalah pembacaan surat dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Mukomuko. Dalam penanganan perkara dengan terdakwa baru, akan segera mungkin diuntaskan.

Sehingga terdakwa yang merupakan mantan Sekda ini mendapat kepastian hukum tetap dari pengadilan.

Ditanya apakah bakal ada tersangka lainnya yang menyusul? Agus menyatakan untuk saat ini pihaknya masih fokus untuk menuntaskan penyelesaian dari penyidikan lanjutan atas perkara tersebut yang sudah masuk ke tahap persidangan.

‘’Tak menutup kemungkinan ada pengembangan lanjutan. Baru akan diketahui saat proses persidangan di Pengadilan Tipikor dengan terdakwa mantan Sekda ini,” pungkasnya.

Mengingatkan, perkara dugaan tindak pidana korupsi makan minum di Sekretariat Daerah Kabupaten Mukomuko tahun anggaran 2014 ini menimbulkan kerugian negara mencapai Rp 1,5 miliar. Ini merupakan pengembangan dari Kejari Mukomuko.

Karena sebelumnya Kejari sudah menyeret dua orang hingga divonis majelis hakim Pengadilan Tipikor Bengkulu. Masing-masing atas nama Syarifudin selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan Martani yang saat itu sebagai bendahara pembantu pengeluaran. (hue)

Berita Lainnya

Tangani Isu SARA, Rutin Gelar FGD

MUKOMUKO – Polres Mukomuko berencana rutin menggelar Focus Group Discussion. Dengan melibatkan sejumlah tokoh agama, …