Minggu , 23 Februari 2020
Home / Daerah / Mukomuko / Presiden Tidak Bisa Pengaruhi Harga TBS

Presiden Tidak Bisa Pengaruhi Harga TBS

PEMBUKAAN: Gubernur dan bupati pukul kentongan tanda dimulainya Pencanangan BBGRM dan HGK PKK tingkat Provinsi Bengkulu.(foto: peri/rb)

MUKOMUKO – Pernyataan Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah saat di Mukomuko, patut diapresiasi. Katanya, presiden pun tidak dapat mengatur apalagi menekan harga jual tandan buah segar (TBS) jadi tinggi.

Ini karena harga TBS itu sangat bergantung dengan harga pasaran crude palm oil (CPO). Dan harga CPO itupun diatur pasaran dunia. ‘’Jangankan bupati atau gubernur, presdien pun tidak bisa kalau ingin menaikkan harga TBS,” tegas gubernur.

Jadi Pemprov sedang berupaya melakukan sejumlah langkah agar bisa membantu dan mendorong kenaikan harga TBS. Terutama harga beli TBS ditingkat pabrik agar petani terbantu.

Langkah pertama, kata gubernur, mendorong pelabuhan Pulau Baai Bengkulu ditingkatkan kapasitasnya. Jadi bisa tampung aktivitas bongkar muat hingga 5 juta ton pertahun. Dengan begitu seluruh ekspor CPO akan bisa dilayani di pelabuhan Bengkulu.

‘’Semua ekspor dari Bengkuu. Sehingga kita harapkan tahun 2021 mendatang, setidaknya ekspor CPO di Bengkulu tidak lagi melalui Pelabuhan Teluk Bayur, Padang. Jadi pengusaha tidak terkena finalti Pelabuhan Teluk Bayur lagi,” jeals gubernur.

Langkah kedua, mendorong dibangun industri pengolahan CPO. Dikatakan ini penyelesaian fundamental yang harus dilakukan. Dengan adanya industri tersebut di Bengkulu akan menekan biaya operasional perusahaan yang tinggi. Maka perusahaan-perusahaan bisa meningkatkan harga beli TBS di Provinsi Bengkulu.

“Di Seluma sudah mulai dibangun industri ini. Tahun 2020 mendatang akan selesai dan beroperasi. Ini penyelesaian fundamental,” sampai gubernur.

Langkah ketiga, mendorong adanya komoditas produk unggulan Sumatera. Supaya Sumatera memiliki kekuatan. Setidaknya disatu jenis komoditas. Salahsatunya, komoditas kelapa sawit.

“Punya kekuatan komoditas unggulan se-Sumatera. Ini sudah kita gagas saat pertemuan seluruh gubernur se-Sumatera di Provinsi Bengkulu. Mudah-mudahan ini terwujud,” demikian gubernur.(hue)

Berita Lainnya

Urus Paspor Bisa di Diskominfo

MUKOMUKO – Pemkab Mukomuko melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Mukomuko, terus berinovasi membantu dan …