Selasa , 16 Juli 2019
Home / Daerah / Seluma / Realisasi DD Diawasi KPK

Realisasi DD Diawasi KPK

Irihadi

SELUMA – Besarnya Dana Desa (DD) yang dialokasikan ke 182 desa di Kabupaten Seluma, memerlukan pengawasan yang ketat agar DD tersebut terealisasi sesuai dengan perencanaan. Menyukseskan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma telah melakukan kerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengawasi realisasi DD juga penegakan hukum.

“Ya, DD menjadi perhatian khusus dari KPK. Baik dalam pelayanan maupun dalam pengelolaan dan realisasinya,’’ terang Sekretaris Daerah (Sekda) Seluma, Irihadi, M.Si Jumat (12/7)

Irihadi meminta kades komitmen dalam realisasi DD sesuai dengan apa yang direncanakan yang sudah tersusun dalam APB-Des. Apalagi untuk di Kabupaten Seluma tahun ini alokasi DD yang dikucurkan oleh pemerintah ke 182 desa mencapai Rp 143 miliar. ‘’Terkait hal ini juga, saya meminta kepada Inspektorat untuk tegas dan rutin turun ke lapangan melakukan pemeriksaan realisasi DD,’’ kata Irihadi.

Sedangkan Inspektorat diharapkan dapat memastikan tidak ada pelangggaran dan penyelewengan dengan melakukan audit secara rutin realisasi DD setiap tahapnya. ‘’Jika memang ditemukan adanya pelanggaran, maka sebaiknya dilakukan pembinaan. Lalu diberikan waktu untuk segera mengembalikan temuan hasil tersebut ke kas daerah. Jika sampai batas waktu tidak juga dikembalikan, bisa langsung diteruskan kepada aparat penegak hukum,’’ papar Irihadi.

Irihadi cukup menyesalkan adanya beberapa desa yang bermasalah dalam realisasi DD, khususnya tahun 2018 lalu. Malah ada yang sudah ditetapkan sebagai tersangka dan dilakukan penahanan oleh Unit Tipikor Polres Seluma, yakni mantan Kepala Desa Talang Rami, Kecamatan Seluma Utara dan tiga Tim TPK. Sehingga Sekda Seluma meminta kepada seluruh desa untuk berhati-hati serta membelanjakan DD dengan baik sesuai dengan RAB yang telah direncanakan.

‘’Perkara DD Talang Rami ini harus menjadi perhatian serius kades lainnya. Ke depan saya tidak mau mendengar ada desa yang tersandung perkara hukum karena realisasi DD ini,’’ pungkas Irihadi.(aba)

Berita Lainnya

Anggaran Gaji Hanya 2 Bulan

SELUMA – Anggaran yang tersisa untuk pembayaran gaji 65 Tenaga Kontrak (TK) Perhubungan Dinas Permukiman ...

error: Content is protected !!