Selasa , 25 Februari 2020
Home / Berita utama / Tunggu Persetujuan 200 Formasi CPNS

Tunggu Persetujuan 200 Formasi CPNS

Nopian Andusti

BENGKULU – Sampai saat ini belum ada kepastian Pemprov Bengkulu tahun ini akan kembali melaksanakan rekruitmen untuk tambahan pegawai. Pemprov Bengkulu masih menunggu formasi CPNS dan tenaga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) turun dari Kemenpan-RB.

Dikatakan Sekdaprov Nopian Andusti, Pemprov Bengkulu sudah mengusulkan tambahan pegawai untuk tes CPNS dan tenaga P3K ke Kemenpan-RB dan BKN. Ada sekitar 200 lebih formasi CPNS dan P3K. Masing-masing 30 persen untuk kuota CPNS dan 70 persen kuota tenga P3K sesuai dengan pembagian kuota dari pusat. Akan tetapi usulan ini belum bisa dipastikan akan disetujui seluruhnya karena belum ada jawaban dari pusat.

“Kita masih menunggu jawaban dari pusat untuk pengajuan usulan CPNS dan P3K. Apakah usulan kita diterima atau ditolak semuanya, atau tidak semuanya itu yang kita belum tahu masih menunggu,” kata Nopian.

Nopian menerangkan formasi yang diusulkan pemprov melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu benar-benar dibutuhkan oleh pemprov saat ini. Meskipun secara kuantitas jumlah pegawai di lingkungan Pemprov Bengkulu sudah banyak mencapai sekitar 11 ribu, akan tetapi masih ada tenaga yang benar-benar dibutuhkan belum dimiliki oleh pemprov. “Jumlah pegawai kita sebenarnya sudah banyak, tapi masih ada tenaga tertentu yang kita butuhkan,” jelas Nopian.

Rencana awal Pemprov Bengkulu akan mengusulkan 370 formasi CPNS dan tenaga P3K. Berdasarkan evaluasi, jumlah tersebut dikurangi hingga seraturan formasi karena memperhatikan kebutuhan tenaga di Pemprov Bengkulu.

Kepala BKD Provinsi Bengkulu Diah Irianti mengatakan Pemprov Bengkulu sudah mengusulkan tambahan pegawai untuk tes CPNS dan tenaga P3K ke pusat. Ada sekitar 270 formasi CPNS dan P3K. “Kita perbarui sesuai data kebutuhan yang paling baru. Jadi usulan yang kita sampaikan itu benar-benar sangat kita butuhkan,” kata Kepala BKD Provinsi Bengkulu Diah Irianti.

Jadi atau tidaknya pelaksaan tes CPNS dan P3K, sambung Diah, tergantung dari jawaban pusat nanti. Jika ada formasi usulan yang yang diajukan pemprov disetujui pusat maka tes akan digelar. Sebaliknya jika ditolak maka tahun ini belum akan ada tes rekruitmen CPNS dan P3K di lingkungan Pemprov Bengkulu.

“Sebanyak 70 persen untuk tenaga P3K, dan 30 persen CPNS. Sesuai dengan pembagian kuota dari pusat, yang tujuannya seperti untuk memfasilitasi calon pelamar yang umurnya lebih dari 35 tahun,” bebernya.

Diah menambahkan diperkirakan pendafataran tes CPNS dan PPPK pada bulan September dan pelaksanaannya Oktober. Sistemnya masih mendaftar secara online, lalu mengirimkan berkas persyaratan pendaftaran kepada panitia. Begitu juga untuk pelaksanaan ujian masih menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), yaitu tes SKD dan SKB. Sedangkan teknis kelulusannya, BKD masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari pusat. (key)

Berita Lainnya

Gubernur Rohidin Mersyah Berpeluang Pimpin Golkar Kembali Secara Aklamasi

BENGKULU – Petahana, Dr. Rohidin Mersyah, MMA digadang-gadangkan bakal kembali memimpin DPD Partai Golkar Provinsi …