Rabu , 21 Agustus 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Bangun Stadion Harus Siapkan Lahan 5 Hektare

Bangun Stadion Harus Siapkan Lahan 5 Hektare

LAPANGAN: Bupati Kepahiang bersama unsur Forkopimda dan legislatif, saat membuka kegiatan Liga Desa Nusantara di lapangan sepakbola Kelurahan Padang Lekat beberapa waktu lalu.(foto: ARIE/RB)

KEPAHIANG – Harapan masyarakat Kabupaten Kepahiang bisa memiliki stadion sepakbola, tampaknya masih butuh waktu lama. Pasalnya saat ini lahan yang diharapkan bisa dibangun stadion olahraga, yakni di lapangan sepakbola Padang Lekat sama sekali belum ada yang memenuhi persyaratan.

Penyebabnya, untuk bisa membangun stadion olahraga, Pemkab Kepahiang minimal harus memiliki lahan seluas 5 hektare, sesuai dengan syarat standar yang diatur oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM. IPU mengungkapkan luas lahan lapangan sepakbola Padang Lekat saat ini hanya 2,4 hektare, atau masih kurang 2,6 hektare lagi untuk syarat pembangunan stadion olahraga. Sehingga dengan luas lahan hanya segitu, Kemenpora belum bisa menggelontorkan anggarannya kepada Pemkab Kepahiang untuk pembangunan stadion olahraga.

“Saat ini kita sedang berupaya agar lahan yang ada di sekitar lapangan sepakbola ini bisa kita bebaskan, sehingga mencukupi luas 5 hektare dan Kemenpora bisa membantu kita untuk pembangunan stadion olahraga di Kabupaten Kepahiang,” jelas Bupati.

Menurut Bupati, pembangunan stadion sepakbola dengan standar nasional membutuhkan anggaran yang cukup besar, yakni sekitar Rp 60 miliar. Dengan anggaran sebesar itu, Bupati mengaku Kabupaten Kepahiang membutuhkan bantuan pemerintah pusat melalui Kemenpora agar bisa mengilirkan dana untuk pembangunan stadion.

“Perkiraan kita bisa di atas Rp 60 miliar dananya, kalau mengandalkan APBD kita saat ini, tidak mungkin bisa kita membangun stadion karena APBD kita masih kecil,” tutur Bupati.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, dari lahan 5 hektare untuk stadion olahraga tersebut nantinya akan dibangun lapangan sepakbola, lapangan bola voli, lapangan bola basket, lintasan lari, dan tribun penonton. “Itu syarat dari pemerintah pusat. Saat ini kita masih berusaha memenuhi kebutuhan lahannya dulu. Kalau nantinya sudah terpenuhi, secepatnya akan kita usulkan ke Kemenpora untuk segera dibuat perencanaan pembangunan stadion olahraganya,” demikian Bupati. (sly)

Berita Lainnya

UTTP Belum Berjalan

KEPAHIANG – Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menegah (UKM) Kabupaten Kepahiang mengaku bahwa kegiatan ...

error: Content is protected !!