Sabtu , 24 Agustus 2019
Home / Metropolis / Buat Akte Kelahiran Bisa dari Rumah

Buat Akte Kelahiran Bisa dari Rumah

Nofri Andriyanto

BENGKULU – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil(Disdukcapil) Kota Bengkulu saat ini sedang membangun dan menerapkan inovasi pelayanan secara online. Hal itu bertujuan agar masyarakat dapat mengajukan pembuatan surat atau dokumen penting dimana saja.

Hal ini tentunya dapat meningkatan pelayanan Disdukcapil dengan memberikan kemudahan pada masyarakat dalam kepengurusan surat dan dokumen penting. Adapun yang pertama kali akan di urus secara online yakni Akta Online.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Dukcapil Kota Bengkulu, Nofri Andriyanto mengatakan,  dalam waktu dekat ini pihaknya akan melaunching aplikasi pelayanan online tersebut. Saat ini sedang dilakukan uji coba pelayanan. Nantinya, masyarakat Kota Bengkulu dapat mengajukan pembuatan akte lahir secara mandiri melalui handphone maupun komputer di rumah atau dimana saja asal terjangkau internet.

Hal ini merupakan inovasi pelayanan sehingga dukcapil dapat maksimal melayani masyarakat. “Begitu syarat lengkap, kami langsung cetak dan menunggu SMS dari Dukcapil untuk info mengambil ke Dukcapil langsung,” ujarnya.

Ia menambahkan, tata cara pengajuan akta online yakni register/daftar di web dukcapil yang disediakan, setelah terdaftar silakan login menggunakan nomor handphone dan password lalu download kelengkapan syarat di website tersebut. Setelah itu, masyarakat diminta untuk mengisi secara langsung data akte lahir di website dan mengupload persyaratan.

Setelah itu, tunggu konfirmasi dari Dukcapil di nomor handphone yang terdaftar dan setelah itu mengambil secara langsung dokumen akte lahir yg telah jadi di Dinas Dukcapil dengan membawa persyaratan yg sebelumnya diupload. “Ini juga untuk mencegah dan mengurangi antrean langsung dan membludaknya masyarakatnya di Dukcapil, jadinya kita bisa melayani mereka dimanapun,” tutupnya.(cup)

Berita Lainnya

Buruh Abadi Makmur Tuntut Gaji UMP

BENGKULU – Sebanyak 50 buruh CV. Abadi Makmur, perusahaan yang bergerak di bidang impor kayu ...

error: Content is protected !!