Kamis , 12 Desember 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Dilepas Bupati, JCH Diangkut Lima Bus

Dilepas Bupati, JCH Diangkut Lima Bus

BERSIAP: Sejumlah armada siap mengangkut JCH Mukomuko menuju Embarkasi Antara Kogta Bengkulu, Minggu malam (14/7).(foto: peri/rb)

MUKOMUKO – Sebanyak 202 Jamaah Calon Haji (JCH) Mukomuko dilepas Bupati Mukomuko, H. Choirul Huda, SH pukul 20.00 WIB, Minggu malam  (14/7). Seluruh JCH dari berbagai kecamatan se-Kabupaten Mukomuko dilepas serentak di Gedung Balai Daerah Kabupaten Mukomuko.

Ini diungukapkan Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mukomuko, Drs. H. Ali Muda. “Seluruh jamaah calon haji Mukomuko diberangkat dari Balai Daerah Kabupaten Mukomuko yang dilepas keberangkatanya oleh bupati,” ujarnya.

Selanjutnya JCH langsung menuju Embarkasi Antara Bengkulu, di Kota Bengkulu. Dengan gunakan 5 unit bus. Bus-bus yang digunakan JCH ini digratiskan. Ini merupakan bantuan dan fasilitas dari Pemkab Mukomuko.

“Untuk armada pengangkutan ratusan jamaah, memakai 5 unit bus menuju Asrama Haji Kota Bengkulu,” imbuh Ali.

Ali tdiak menampik menjelang keberangkatan ada 3 JCH Mukomuko batal berangkat. Karena 2 orang JCH meninggal dunia serta 1 orang JCH lainnya terpaksa tunda keberangkatanya karena ada urusan perkuliahan.

JCH yang meninggal dunia ketika menjelang keberangkatan itu, Wito Sumarto (80) warga Kecamatan Air Rami, dan Hayun (75) warga Desa Wonosobo Kecamatan Penarik.

“Khusus calon haji yang usianya masih muda dan menunda keberangkatan haji tahun ini. Mereka bakal berangkat ke tanah suci tahun 2020 mendatang,” ujar Ali.

Dengan adanya pengurangan sebanyak 3 orang  jemaah calin haji, maka jumlah calon haji yang berangkat ke tanah suci Mekkah tahun ini sebanyak 202 JCH dari sebelumnya 205 orang CJH.

Perlu diketahui, tahun ini Mukomuko dapat memberangkatkan sebanyak 211 JCH. Setelah adanya penambahan kuota sebanyak 33 orang, dari kuota sebelumnya yang hanya 178 orang JCH.

‘’Kita ada penambahan 33 orang. Namun dari penambahan kuota sebanyak itu hanya ada 27 orang yang dapat melunasi biaya perjalanan haji,” demikian Ali.(hue)

Berita Lainnya

Tenaga Panwascam Diminati

MUKOMUKO – Peluang kerja di momen Pilkada 2020 jadi rebutan. Bukan hanya penerimaan Panwascam di ...

error: Content is protected !!