Sabtu , 24 Agustus 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Dinas PMD Gelar Lomba BUMDes

Dinas PMD Gelar Lomba BUMDes

TIM PENILAI: Tim Dinas PMD yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas PMD Benteng, Tomi Marisi, M.Si saat melakukan penilaian untuk peserta lomba BUMDes.(foto: FINTAH/RB)

BENTENG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bengkulu Tengah (Benteng) menggelar Lomba Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Kegiatan ini dalam rangka mencari wakil Kabupaten Benteng yang akan berkiprah di Lomba BUMDes tingkat Provinsi Bengkulu pada Agustus mendatang.

Kabid Pembinaan Usaha Masyarakat Dinas PMD Benteng, Deby Septika, S.STP menjelaskan, untuk peserta lomba penilaian diantaranya hasil dan manfaat yang telah dicapai oleh BUMDes peserta lomba. Hal ini berkaitan juga dengan penerapan anggaran Dana Desa (DD) untuk pemberdayaan masyarakat Desa. “Usaha dari BUMDes harus produktif dan bermanfaat bagi masyarakat desa,” terangnya, Minggu (14/7).

BUMDes sendiri diwajibkan ada di setiap desa sebagai bagian dari pemberdayaan masyarakat. Pembangunan di tingkat desa bukan hanya dalam bentuk pembangunan fisik seperti sarana umum untuk kepentingan warga desa, namun juga ada pembangunan masyarakatnya agar lebih baik dan siap melalui pendirian usaha-usaha yang dikelola dan difasilitasi melalui BUMDes. Hal inilah yang akan menjadi poin penting dalam melakukan pembinaan kepada masyarakat desa.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Benteng, Tomi Marisi, M.Si mengharapkan, seluruh BUMDes umumnya di Kabupaten Benteng bisa mendirikan usaha yang memailiki manfaat dan nilai jual yang baik. Tentunya demi kemajuan terutama pemberdayaan ekonomi masyarakat. Hal ini nantinya akan menjadikan warga desa memiliki banyak peluang usaha baru yang bisa dikoordinir dengan BUMDes. “Kreativitas yang dilakukan demi kepentingan masyarakat desa sendiri,” katanya.

Sementara itu, Kades Rindu Hati, Sutan Muklis, SH mengatakan, BUMDes di desanya dibentuk dan didirikan bukan hanya untuk kepentingan masyarakat desa. Namun, bagaimana melalui BUMdes bisa mendapatkan pemasukan yang bisa dikelola oleh seluruh warga desa dan dikoordinir melalui BUMDes.

Di Desa Rindu Hati salah satu hasil karya BUMDes adalah pendirian kolam renang, pendirian sarana fasilitas umum olahraga yang sudah banyak dikunjungi oleh masyarakat luar. “Kami akan terus mengembangkan usaha milik desa dengan penambahan fasilitas pengunjung yang lebih baik lagi,” demikian Kades. (vla/krn)

Berita Lainnya

Penyerobot Lahan Tahura Tak Bisa Urus Sertifikat

BENTENG – Lahan Taman Hutan Raya (Tahura) Rajo Lelo di Desa Tanjung Terdana, Kecamatan Pondok ...

error: Content is protected !!