Minggu , 23 Februari 2020
Home / Daerah / Mukomuko / KPU Tunggu Surat dari MK

KPU Tunggu Surat dari MK

Irsyad

MUKOMUKO – KPU Mukomuko belum memutuskan, kapan akan digelar pleno penetapan jumlah kursi dan anggota DPRD Mukomuko terpilih. Ini karena, masih menunggu keputusan dari Mahkamah Konstitusi (MK).

Ketua KPU Mukomuko Irsyad mengatakan saat saat ini pihaknya menunggu diterbitkannya Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari Panitera Mahkamah Konstitusi (MK). Jadi belum diketahui kapan pleno penetapan kursi DPRD Mukomuko.

“Kami belum dapat menjadwalkan pleno untuk penetapan anggota DPRD Mukomuko terpilih. Sampai hari ini kita masih menunggu,” kata Irsyad.

Dijelaskan meski untuk Kabupaten Mukomuko, dalam Pemilihan Anggota Legistlatif maupun DPRD Kabupaten tak ada permasalahan, tidak ada calon anggota legislatif permasalahkan hasil dan tidak menggugat ke MK. Namun KPU Mukomuko tetap menunggu BRPK.

Belum juga diketahui, kapan BRPK itu dapt diterima. Pastinya kata Irsyad, jika sudah diterima segera mungkin pihaknya melakukan pleno penetapan perolehan kursi dan dewan terpilih.

‘’Kita kini tetap menunggu. Agar tidak ada permasalahan dikemudian hari, ketika pleno penetapan. Dan apa yang kita lakukan ini sesuai dengan aturan yang diterbitkan KPU RI,” ujar Irsyad.

Untuk diketahui, jumlah kursi anggota DPRD Kabupaten Mukomuko seluruhnya sebanyak 25 kursi. Kursi ini terbagi dalam tiga daerah pemilihan (Dapil). Adalah Dapil 1 mendapat jatah 9 kursi. Dapil 1 merupakan gabungan dari wilayah Kecamatan Kota Mukomuko, Air Majunto, Lubuk Pinang, V Koto dan Kecamatan XIV Koto.

Berikutnya Dapil 2 mendapat jatah 8 kursi dari 25 kursi. Dapil 2 meliputi Kecamatan Air Dikit, Penarik, Selagan Raya, Teramang Jaya dan Kecamatan Teras Terunjam.

Lalu Dapil 3 dapat alokasi untuk 8 kursi. Meliputi wilayah Kecamatan Pondok Suguh, Sungai Rumbai, Ipuh, Malin Deman dan juga Kecamatan Air Rami.(hue)

Berita Lainnya

Urus Paspor Bisa di Diskominfo

MUKOMUKO – Pemkab Mukomuko melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Mukomuko, terus berinovasi membantu dan …