Minggu , 18 Agustus 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Kuota Jamkesda Masih Tersedia

Kuota Jamkesda Masih Tersedia

SALURKAN: Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi menyalurkan kartu Jamkesda kepada warga Manna berberapa waktu lalu.(foto: rio/rb)

KOTA MANNA – Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi, SE, MM mengajak masyarakat kurang mampu untuk mendaftar Kartu Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda). Karena, kuota yang tersedia masih banyak.

Dijelaskan Gusnan saat ini di Kabupaten Bengkulu Selatan  adalah satu-satunya kabupaten di Provinsi Bengkulu telah menerapkan Universal Health Coverage (UHC) dengan capaian tertinggi di Provinsi Bengkulu yakni 95 persen.

Artinya, sebanyak 95 persen warga Bengkulu Selatan telah terdaftar dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Baik itu yang masuk dalam Program Indonesia Sehat, Jamkesda, Peserta BPJS Mandiri, Askes maupun penerima upah (karyawan).

“Ini perlu masyarakat ketahui, bahwa untuk Jamkesda kuota masih tersedia. Kuota yang masih ada itu mendekat 5 ribuan lagi. Jadi kepada warga yang belum terdata, khususnya warga yang kurang mampu, silahkan diurus. Kades agar proaktif mendata,” ajak Gusnan.

Bukan hanya yang belum terdata, tapi warga yang tercatat sebagai peserta BPJS mandiri atau bayar sendiri bisa dikonversikan jadi peserta Jamkesda yang dibayar oleh daerah.

Syaratnya, orang tersebut kurang mampu dan jika ada tunggakan mohon diselesaikan dulu tunggakannya. “Kalau masih ada yang belum dapat silahkan diurus,” terang Gusnan.

Dijelaskan, setiap masyarakat di Kabupaten Bengkulu Selatan harus memilik pelayanan kesehatan yang sama. Baik miskin atapun kaya. “Ya seluruh warga harus mendapat pelayanan yang sama. Kita tak membeda-bedakan baik kaya ataupun kurang mampu,” beber Gusnan.(tek)

Berita Lainnya

Asik Berduaan, Oknum Kades Sukarami Diamankan Warga

AIR NIPIS – Bukannya memberikan contoh yang baik pada warganya, Median (35) Kades Sukarami, kecamatan ...

error: Content is protected !!