Jumat , 21 Februari 2020
Home / Daerah / Mukomuko / Pengelolaan BUMD

Pengelolaan BUMD

Choirul Huda

MUKOMUKO – Pengelola Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) harus mewujudkan tata kelola yang efektif dan efisien. Ini supaya dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Mukomuko.

Karena itu kata Kabag Perekonomian dan Setdakab Mukomuko Yuliarman, S.TP, M.Ec, D.ev, BUMD harus rutin mengikuti kegiatan bimbingan teknis (BImtek).

Sebab kegiatan Bimtek bagian dari upaya Pemkab Mukomuko untuk memberikan edukasi bagi seluruh pengelola BUMD, khususnya BUMD yang mendapatkan pinjaman modal dari pemerintah. “Ini supaya ada perubahan dan kemajuan terus menerus,” ujar Yuliarman.

Bupati Mukomuko H. Choirul Huda mengatakan pada konsep otonomi daerah Pemkab dituntut untuk melakukan pengelolaan keuangan daerah secara efektif dan akuntabel. Sehingga Pemkab harus berusaha melakukan pengelolaan penerimaan daerah secara cermat, tepat dan hati-hati.

“Pemkab harus bisa menjamin semua potensi penerimaan telah terkumpul dan tercatat ke dalam sistem akuntansi. Untuk melaksanakan hal ini pengelola BUMD yang dapat bantuan modal dari pemerintah diberi pendampingan dan bimbingan. Supaya bisa berjalan lebih baik lagi,” harap bupati.

Dijelaskan, BUMD juga memiliki peran dalam mewujudkan kemakmuran daerah. Tentunya dengan memberikan kontribusi terhadap penerimaan PAD. Baik dalam bentuk deviden atau pajak.

Sedangkan tantangan untuk meningkatkan PAD, salah satunya dapat dijawab dengan meningkatkan peran dan kontribusi BUMD. Dan secara makro, lanjut bpati, peranan BUMD terhadap perekonomian daerah dapat diukur melalui kontribusi nilai tambahanya terhadap pendapatan domestik regional bruto.

“Karena semua untuk kemakmuran masyarakat yang ada di Kabupaten Mukomuko,” demikian bupati.(hue)

Berita Lainnya

Jaga Investasi, Kejari Luncurkan “Ikan Mikih”

MUKOMUKO – Kejari Mukomuko turut peduli menarik minat investor ke Mukomuko, serta investasi yang sudah …