Sabtu , 29 Februari 2020
Home / Daerah / Kaur / Soal DAK, Bupati Panggil OPD

Soal DAK, Bupati Panggil OPD

PANTAU: Bupati Kaur saat berkunjung ke Pasar Impres, memantau kegiatan di pasar dan menyapa para pedagang.(foto: albertus/rb)

KOTA BINTUHAN – Bupati Kaur Gusril Fauzi, S.Sos, MAP akan memanggil kepala Organisasi Perangkat Daerah. Terutama OPD yang belum menginput data dana alokasi khusus (DAK) dalam aplikasi yang sudah disediakan. Berdasarkan Surat Edaran Kementerian Keuangan RI nomor S.219/PK/2019 tentang Percepatan Penyaluran DAK  Tahap Pertama tahun 2019. Paling lama pemerintah daerah atau OPD menyampaikan laporan DAK melalui aplikasi OMSPAN 22 Juli mendatang.

“Memang masih ada yang belum dan akan saya terus pantau itu. Mungkin dalam waktu dekat OPD yang mendapatkan DAK tahun 2019 akan saya panggil dan kita evaluasi. Karena ini harus menjadi perhatian untuk pembangunan Kaur ke depan,” kata Bupati Kaur Gusril Fauzi.

Gusril mengingatkan kepala OPD untuk segera menyampaikan laporan data DAK ke Badan Keuangan Daerah (BKD). Karena jika tidak lakukan input data DAK, maka tidak menutup kemungkinan dana tersebut tidak akan dikucurkan pemerintah pusat ke Kaur.

Berdasarkan data yang dihimpun RB, untuk DAK reguler tahun 2019 Rp 80,7 miliar namun data minggu lalu nilai kontrak yang sudah diinput baru Rp 45,1 miliar. Atau masih ada sekitar Rp 35,5 miliar DAK lagi yang belum selesai diinput oleh beberapa OPD yang mendapatkan DAK reguler.

Kemudian untuk dana DAK fisik atau penugasan tahun 2019 sebesar Rp 13,6 miliar. Dari data minggu lalu sudah terinput Rp 10,3 miliar atau masih dalam proses sekitar Rp 3,2 miliar. Sementara dana DAK Afirmasi Kaur sebanyak Rp 4,2 miliar yang sudah diinput sekitar Rp 537 juta atau masih ada sekitar Rp 3,7 miliar yang masih dalam proses penginputan.

Dari dana DAK yang ada, dialokasikan untuk untuk Pendidikan Rp 20,7 miliar. DAK kesehatan dan KB mencapai Rp 25,4 miliar, Perindag mencapai Rp 3,5 miliar, Pertanian Rp 2,7 miliar, Pariwisata Rp 1,6 miliar. DAK untuk pembangunan jalan Rp 21,7 miliar. Yang terbagi menjadi beberapa paket kegiatan yang harus dilaksanakan tahun 2019. (cik)

Berita Lainnya

SMAN 1 Kaur Dominasi 10 Besar BJB 2020

KOTA BINTUHAN – Hasil seleksi beasiswa Bintang Jemput Bintang tahun 2020, 10 besar didominasi dari …