Sabtu , 24 Agustus 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Bupati: MPLS Tidak Ada Perpeloncoan

Bupati: MPLS Tidak Ada Perpeloncoan

CEK:Kepala Cabdin Pendidikan Wilayah IV Mukomuko sidak ke sekolah-sekolah, Senin (15/7).(foto: peri/rb)

MUKOMUKO –Musim Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) mulai berjalan kepada siswa baru. Baik SMA, SMK, MA, SMP termasuk MTs. Menyikapi masa MPLS ini Bupati Mukomuko H. Choirul Huda, SH, meyatakan agar tidak ada tindakan perpeloncoan atau kekerasan.

Apalagi kegiatan yang sampai mengancam dan mengganggu kesehatan, dan keselamatan para siswa baru. ‘’Jalankanlah dengan cara yang baik. Berikan pendidikan yang seharusnya, yang bias membuat maju,” tegas bupati.

MPLS, lanjut bupati, bukan sebuah kegiatan perpeloncoan. Karena MPLS adalah aktivitas mengenalkan lingkungan sekolah kepada para siswa baru. ‘’Atribut – atribut yang tidak penting, sebaiknya tidak ada. Ingat, tidak ada perpeloncoan!. Saya tak ingin nantinya adanya laporan miring selama masa kegiatan MPLS apalagi sampai ada kekerasan,’’ tegas bupati.

Pihak sekolah, diimbau lebih mengutamakan pembinaan selama kegiatan MPLS. Dari pada melaksanakan kegiatan yang dinilai kurang bermanfaat. Contohnya, kegiatan pembinaan tentang bahaya narkoba, dengan mengundang pihak–pihak berkompeten seperti BNN, Polri atau dari Dinas Kesehatan.

“Jadi lebih mengarah pembinaan siswa pada lingkungan sekolah. Bukan perpeloncoan,’’ tegas bupati.

Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Wilayah IV  Mukomuko Jasni Bahari, S.Pd, emngungkapkan tidak ada perpeloncoan saat kegiatan MPLS. Untuk mengantisipasi itu, Jasni mengklaim, jauh hari sudah mengeluarkan surat edaran (SE) ke semua SMA, dan SMK dibawah naungan Cabdin.

Dalam SE tersebut, melarang aktivitas atau tindakan perpeloncoan dan hingga perbuatan kekerasan pada siswa baru.

‘’Untuk mastikan ini diindahkan oleh semua sekolah, saya, Senin (15/7)langsung turun ke lapangan mendatangi semua sekolah SMA dan SMK. Kalau perpeloncoan masih ada, kami pastikan pihak sekolah akan mendapat sanksi,” tandasnya.(hue)

Berita Lainnya

176 Jamaah Haji Mukomuko Tiba Pukul 9 Malam

MUKOMUKO – Sebanyak 176 jamaah haji asal Kabupaten Mukomuko akan tiba sekitar pukul 21.00 WIB ...

error: Content is protected !!