Rabu , 18 September 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Dewan Sambut Baik Eksplorasi Bukit Hitam

Dewan Sambut Baik Eksplorasi Bukit Hitam

Edwar Samsi

KEPAHIANG – Masyarakat Desa Air Sempiang Kecamatan Kabawetan, belakangan mulai terusik dengan informasi mengenai rencana eksplorasi panas bumi di kawasan Bukit Hitam. Bahkan tersiar kabar eksplorasi tersebut akan dilakukan oleh PT Pertamina Geothermal Energy (PGE), yang kebetulan saat ini sedang melakukan eksplorasi di wilayah Kabupaten Lebong.

Meski demikian, Anggota DPRD Kabupaten Kepahiang, Edwar Samsi, S.IP, MM mengatakan, jika informasi mengenai rencana eksplorasi panas bumi tersebut benar, pihaknya sangat mendukung. Pasalnya cadangan energi panas bumi yang dimiliki Kabupaten Kepahiang saat ini yang mencapai 325 Mega Watt (MW), memang sangat dibutuhkan untuk kehidupan masyarakat Kabupaten Kepahiang dan sekitarnya. Bahkan energi ini bisa untuk membantu kebutuhan energi Provinsi Bengkulu secara umum.

“Terlepas siapa nanti yang mau mengeksplorasi, kita mendukung. Namun harus jelas kajian Amdal dan dampaknya untuk masyarakat. Di sisi lain kita berharap pihak perusahaan yang melakukan eksplorasi nantinya, bisa melibatkan masyarakat sekitar untuk pekerja non skill, sehingga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Tapi itu akan kita cari tahu dulu kebenaran informasinya,” kata Edwar, Senin (15/7).

Informasi tersebut mengkhawatirkan masyarakat sekitar, lantaran belakangan melihat rekam jejak PT PGE di wilayah Kabupaten Lebong, yang sempat dituding sebagai penyebab terjadi bencana banjir dan longsor di wilayah Lebong.

“Kami dengar bakal ada eksplorasi panas bumi di kawasan ini (Bukit Hitam, red), dan dilakukan oleh PT PGE. Kami khawatir akan terjadi bencana di daerah sini, karena tahu sendiri seperti apa track record PT PGE atas bencana yang terjadi di Lebong beberapa waktu lalu. Kami berharap pemerintah bisa bersikap atas informasi ini,” ujar salah seorang warga Desa Air Sempiang yang enggan disebutkan identitasnya.

Menanggapi informasi eksplorasi ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepahiang, Zamzami Zubir, SE, MM membenarkan hal tersebut. Hanya saja Zamzami mengaku belum mengetahui kapan dan siapa yang akan melakukan eksplorasi panas bumi di kawasan tersebut. Namun yang jelas menurutnya kegiatan tersebut merupakan kegiatan dari PT PLN Persero bekerja sama dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Ya kabarnya memang akan ada eksplorasi, tapi itu milik PT PLN Persero. Kita belum dapat informasi detailnya soal kapan dan siapa yang akan melakukan eksplorasi itu,” singkat Zamzami.

Menariknya Manajer PLTA Musi, I Nyoman Buda ketika dikonfirmasi mengenai informasi ini, justru belum mengetahui terkait rencana eksplorasi tersebut. Ia bahkan mengaku tidak mengetahui terkait PT PGE yang dikabarkan akan melakukan eksplorasi di kawasan itu. “Kalau kami, belum tahu terkait informasi tersebut. Bahkan saya juga masih belum tahu, PT PGE itu apa,” singat Nyoman melalui pesan WhatsApp-nya. (sly)

Berita Lainnya

Tak Taat Pajak, Kendaraan Dinas Segera Dikandangkan

KEPAHIANG – Banyaknya kendaraan dinas (Randis) di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kepahiang ...

error: Content is protected !!