Jumat , 20 September 2019
Home / Metropolis / Awasi Hewan Kurban

Awasi Hewan Kurban

BENGKULU – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi Bengkulu membentuk dan menurunkan tim ke lapangan untuk memeriksa kesehatan hewan kurban yang akan digunakan pada Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 11 Agustus mendatang. Pemeriksaan hewan kurban ini guna memastikan hewan kurban itu tidak berpenyakit dan layak dikonsumsi oleh masyarakat.

Sekretaris Disnakeswan, Eny Handayani, S.Pt mengatakan tim tersebut akan mulai turun melakukan pemeriksaan pada hari Kamis (8/8) mendatang di setiap kabupaten/kota. Pemeriksaan dilakukan langsung di seluruh tempat yang terdapat hewan ternak yang dijual atau digunakan untuk kurban. Nantinya hewan yang sehat dan layak konsumsi akan diberikan Surat Keterangan Kesehatan Hewan(SKKH).

Selain di penampungan besar, hewan kurban yang didatangkan dari Provinsi Lain juga akan mendapati pemeriksaan yang lebih ketat. Apabila sapi dari provinsi lainnya masuk ke Bengkulu pastinya akan di karantina sebagai antisipasi masuknya sapi-sapi yang tertular penyakit. Sapi yang telah dikarantina akan dicek kembali oleh pihaknya. Jika hewan-hewan kurban itu telah ia nyatakan sangat layak dikonsumsi, maka akan diberikan label khusus.

Hal itu untuk mencegah berbagai penyakit yang berbahaya dan mencari tahu apakah hewan kurban tersebut layak konsumsi atau tidak.

“Ya dilakukan pengecekan, 8 Agustus nanti mulainya,”ujarnya.

Ia menambahkan, selain hewan kurban juga produk peternakanpun ikut dicek. Beberapa produk peternakan yang akan dilakukan pengecekan yakni daging segar, olahan susu dan lainnya. Pengecekan tersebut akan dilakukan di pasar-pasar tradisional maupun langsung ketempat pemotongan hewan. Sapi sangat rentan dengan 3 penyakit yaitu jembrana, gloustoris dan parasister (cacingan).

Penyakit ini harus diwaspadai karena sangat berisiko menyebabkan gangguan kesehatan bagi yang mengonsumsinya. “Poduk peternakan seperti daging segar dan lainnya juga kita lakukan pemeriksaan,” tutupnya.(cup)

Berita Lainnya

Dewan Setuju Gaji Honorer Naik

BENGKULU – Ketua sementara  DPRD Kota Bengkulu, Suprianto, S.IP mendukung rencana untuk menaikkan gaji honorer ...

error: Content is protected !!