Senin , 19 Agustus 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Baru 25 Desa Ajukan Pencairan DD Tahap II

Baru 25 Desa Ajukan Pencairan DD Tahap II

Ade Crishtian

BENTENG – Seluruh desa di Kabupaten Benteng, diminta untuk segera mengurus Laporan Pertanggungjawaban (LPj) Anggaran Dana Desa (DD) yang sudah selesai pencairannya tahap pertama lalu sebesar 20 persen dari total DD. Karena, saat ini proses pencairan DD sudah memasuki untuk tahap kedua.

Kabid Anggaran Badan Keuangan Daerah (BKD) Benteng, Ade Crishtian, S.STP menjelaskan untuk desa yang sudah mengajukan pencairan DD tahap kedua belum seperempat dari jumlah desa. “Baru ada sekitar 25 Desa dari 142 Desa yang sudah mengajukan,” terangnya.

Ade berharap, pihak pemerintah desa bisa merampungkan LPj realisasi penggunaan DD tahap pertama. Karena, jika tidak ada laporan realisasinya akan menghambat untuk proses pencairan selanjutnya. BKD juga, dalam setiap pencairan hanya sebagai perantara saja, karena anggaran dari pusat sudah di plot sesuai dengan kebutuhan anggaran untuk masing-masing desa.

Jadi, tidak ada kewenangan BKD untuk menghambat, asalkan persyaratan lengkap. Untuk DD tahap kedua ini tak kurang dari Rp 40 Miliar disiapkan untuk 142 desa. Sementara itu, salah satu desa yang sebelumnya terhambat pencairan anggaran adalah Desa Taba Terunjam yang sempat terkendala karena proses di PTUN hingga Mahkamah Agung (MA).

Saat ini sudah ada kades definititnya pasca pelantikan tiga hari lalu. Diakui Sekdes Taba Terunjam, Firmansyah bahwa pihaknya akan segera menyusun draft untuk pembuatan APBDes termasuk juga syarat lainnya yang diperlukan untuk pencairan anggaran yang akan digunakan di Desa. “Sedang dilakukan penyusunan, secepat mungkin akan diselesaikan untuk proses pencairan,” katanya.

Kepala Inspektorat Daerah (Ipda), H.Meizuar, SH, MH mengharapkan pihak desa untuk atif dalam menyelesaikan kewajiban seperti LPj dan lainnya yang berkaitan dengan syarat pencairan. Karena, kalau tidak lengkap maka akan sulit untuk diakomodir, selanjutnya juga akan menghambat rencana kegiatan ditingkat desa.

“Kalau memang ada kendala, silahkan konsultasi dan bersama mencari jalan keluarnya,” demikian Meizuar. (vla) 

Berita Lainnya

Siswa MAN Insan Cendekia Wakili Bengkulu di Kompetisi Sains Madrasah Nasional

BENTENG– Dua siswa MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah, akan terbang ke Manado September mendatang. Ini ...

error: Content is protected !!