Selasa , 10 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Kejar PAD Pasar Malam

Kejar PAD Pasar Malam

Tripuja Nugraha

BENTENG – Kegiatan pasar malam di lapangan sepakbola Desa Kembang Seri Kecamatan Talang Empat, yang juga menggelar permainan pasar malam dipantau oleh Bagian Pendapatan, Badan Keuangan Daerah (BKD) Benteng. Karena, hal ini sudah menjurus pada kegiatan usaha yang dilakukan secara berkolompok oleh pihak pelaksana.

Untuk itu, BKD yang akan melakukan sidak ke areal pasar malam, ingin memastikan kegiatan tersebut untuk taat aturan yakni menyangkut wajib adanya pembayaran restribusi untuk Pemasukan ke kas daerah yang disebut sebagai PAD.

Kabid Pendapatan BKD Benteng, Tripuja Nugraha, S.Sos mengatakan sesuai peraturan daerah (perda) adanya aturan retribusi pajak hiburan senilai 10 persen.  “Pembayaran retribusi 10 persen dari karcis wahana permainan yang digelar,” katanya.

Dijelaskannya, pembayaran retribusi diharapkan bisa dipenuhi. Hal ini demi mentaati aturan daerah yang ada. Jika tak ada pembayaran, pihaknya akan melakukan pemeriksaan terhadap pajak yang ada, sehingga berkemungkinan terancam ditutup. Apalagi usaha yang mencari keuntungan seperti yang dilaksanakan di pasar malam, tentu akan banyak sekali dikunjungi oleh masyarakat.

Untuk izin lainnya, Tripuja mengaku ada kewenangan dari instansi lain, misalnya izin keramaian tentu dari pihak keamanan. Namun, dipastikan jika menggelar usaha seperti pasar malam tersebut, semuanya harus lengkap izin, termausk untuk retsibusi sebagai sumber PAD.

“Kami hanya menjalankan sesuai tugas dan fungsi kami,” demikian Tripuja. Mengenai target yang diharapkan bisa tercapai, akan dilihat dari lamanya dan banyaknya pihak pelaksana meraih keuntungan dari penjualan karcis.(vla)

Berita Lainnya

Asosiasi Sepak bola Kabupaten Bengkulu Tengah Minta Bangun Stadion

BENTENG – Setelah terpilihnya susunan Pengurus Asosiasi Sepak bola Kabupaten Bengkulu Tengah, pengurus meminta ke ...

error: Content is protected !!