Jumat , 28 Februari 2020
Home / Daerah / Kaur / Polisi Panggil Pegawai Kemenpora RI

Polisi Panggil Pegawai Kemenpora RI

Arief Hidayat

KOTA BINTUHAN – Pegawai Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, berinisial Mu dipanggil penyidik Unit Tipikor Polres Kaur. Dijadwalkan Rabu (17/7), Mu akan menjalani pemeriksaan terkait penyidikan dugaan korupsi dana bantuan Kemenpora tahun 2017 dan 2018 di Kabupaten Kaur. Untuk pembangunan sarana prasarana olahraga di beberapa desa.

Mu ikut diperiksa lantaran, saat pemeriksaan tiga saksi kunci sebelumnya yakni Ed, Hr, dan Kepala KPHP Kaur Mn menyebutkan dugaan keterlibatan Mi. Menurut saksi tersebut, fee yang diambil dari kades penerima bantuan ditransfer ke rekening Mu.

“Rabu (17/7), pemeriksaan terhadap Mu yang juga saksi utama dalam kasus dana Kemenpora RI ini. Kita lihat  saja nanti datang atau tidak, karena semua keterangan mengarah kepada Mu,” kata Kapolres Kaur AKBP Arief Hidayat, S.IK melalui Kasat Reskrim Iptu Welliwanto Malau.

Dari keterangan para saksi lainnya termasuk kades, kalau fee untuk satu kegiatan pembangunan fasilitas olahraga dari Kemenpora mencapai 30 persen. Sementara total dana untuk kegiatan tersebut setelah ditotal mencapai Rp 2,2 miliar lebih. Semuanya bermuara pada Mu, sementara perantaranya adalah Ed, He dan Mn.

Desa penerima bantuan Kemenpora RI tahun 2017 yang telah diperiksa diantara Desa Tri Tunggal Bakti, Desa Suka Merindu, Desa Sekunyit dan Desa Sinar Mulya. Empat desa ini menerima bantuan sebesar Rp 185 juta untuk pembangunan GOR mini.

Kemudian 10 desa lainnya yang menerima bantuan Kemenpora RI tahun 2017 dan 2018 Rp 170 juta untuk membangun lapangan voli. 10 desa tersebut meliputi Desa Tanjung Ganti II, Desa Tanjung Betung II. Desa Sukajaya, Desa Tri Jaya, Desa Air Palawan, Desa Muara Dua. Kemudian Desa Selika II, Desa Awat Mate, Desa Sumber Harapan dan Desa Talang Marap.

“Untuk penetapan tersangka kita tunggu pemeriksaan rampung, karena pemeriksaan lanjutan akan terus kita dalami lagi. Untuk mengetahui berapa besar fee yang mereka kumpulkan selama ini,” pungkas Kasat Reskrim.(cik)

Berita Lainnya

SMAN 1 Kaur Dominasi 10 Besar BJB 2020

KOTA BINTUHAN – Hasil seleksi beasiswa Bintang Jemput Bintang tahun 2020, 10 besar didominasi dari …