Jumat , 20 September 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Ratusan Kantong Darah Berhasil Dikumpulkan

Ratusan Kantong Darah Berhasil Dikumpulkan

DONOR DARAH: Kejari Kepahiang menggelar kegiatan donor darah dalam rangkaian peringatan Hari Bhakti Adhyaksa Tahun 2019.(foto: arie/rb)

KEPAHIANG – Kurang lebih sekitar 150 kantong darah berhasil dikumpulkan Kejaksaaan Negeri (Kejari) Kepahiang dalam kegiatan donor darah yang digelar di aula Kejari,Selasa (16/7). Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Hari Bhakti Adhyaksa ke-59 dan HUT Adhyaksa Dharmakarini ke-19.

Kegiatan yang bekerjasama dengan PMI dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepahiang ini, diikuti oleh hampir seluruh instansi pemerintahan di Kabupaten Kepahiang. Kajari Kepahiang, H. Lalu Syaifuddin, SH, MH berharap kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan rutin di Kabupaten Kepahiang. Bahkan ia berharap di setiap kegiatan yang digelar oleh instansi pemerintah, jika bisa salah satunya menggelar kegiatan donor darah. Hal ini mengingat kebutuhan darah di RSUD Kepahiang sangat dibutuhkan untuk masyarakat dalam menjalani perawatan medis.

“Darah yang dikumpulkan dari kegiatan ini kita serahkan ke PMI dan Dinkes Kepahiang, untuk kemudian dikelola di bank darah milik PMI,” terang Lalu.

Sementara itu, Ketua PMI Kepahiang, Evina Felizita mengungkapkan darah-darah yang telah dikumpulkan tersebut nantinya akan disimpan di bank darah milik PMI Rejang Lebong (RL). Sebab PMI Kepahiang belum memiliki bank darah dan sekretariat, sehingga sementara waktu masih menumpang penyimpanan di PMI RL.

“Walaupun kita simpan di PMI RL atau PMI Provinsi, darah-darah tersebut tetap bisa digunakan apabila masyarakat Kepahiang membutuhkan bantuan darah. Karena hingga saat ini bank darah kita di Kepahiang masih minim. Bahkan di RSUD Kepahiang, bank darah hanya mampu menampung kurang lebih 24 kantong per bulannya, sementara kebutuhan darah di Kabupaten Kepahiang mencapai ratusan kantong setiap bulan,” beber Evina.(sly/krn)

Berita Lainnya

Setahun Buron, Dibekuk

KEPAHIANG – Hampir setahun menjadi buronan Polres Kepahiang, WD (20) warga Desa Pulogeto, Kecamatan Merigi ...

error: Content is protected !!