Minggu , 23 Februari 2020
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / DAK Dua OPD Terancam Hangus

DAK Dua OPD Terancam Hangus

Welldo Kurniyanto

BENTENG – Dana Alokasi Khusus (DAK) dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yakni Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Disperindagkop dan UMKM) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) terancam hangus. Sampai saat ini tahapan administrasi upload data kontrak ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) tak kunjung usai.

Plt. Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Benteng, Welldo Kurniyanto, SE, MM didampingi Kabid Perbendaharaan, Agung Budianto, SE mengatakan dua OPD tersebut masih dalam tahapan lelang. “Limit waktu yang diberikan hingga 22 Juli,” terangnya.

Dijelaskannya, pihaknya akan berupaya menyelesaikan seluruh proses secepat mungkin. Hal ini untuk menghindari adanya sistem error saat upload data kontrak. Adapun total DAK fisik mencapai Rp 79 miliar.

Rinciannya, bidang pendidikan Rp 21 miliar, kesehatan dan keluarga berencana Rp 16 miliar, air minum Rp 3 miliar, sanitasi Rp 949 juta, pertanian Rp 2,1 miliar, kelautan dan perikanan Rp 652 juta, pariwisata Rp 2,2 miliar, jalan Rp 16 miliar. Sementara jenis penugasan bidang kesehatan dan keluarga berencana Rp 6,7 miliar, air minum Rp 1,1 miliar, pasar Rp 4,3 miliar dan irigasi Rp 2,9 miliar.  “Proses pencairan dilakukan dengan beberapa tahap,” katanya.

Jika sudah diupload, terhitung paling lambat 14 hari dana telah disalurkan dari pusat kemudian diteruskan ke OPD penerima. Dana dipergunakan untuk pembangunan sesuai perencanaan.(vla)

Berita Lainnya

Siapkan TIC di Tahura Rajo Lelo

BENTENG – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bengkulu Tengah, akan menyiapkan pusat informasi Tourism Information …