Jumat , 20 September 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / OPD Wajib Didampingi TP4D

OPD Wajib Didampingi TP4D

Mian

ARGA MAKMUR – Bupati Bengkulu Utara, Ir. Mian meminta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) segera melakukan percepatan serapan anggaran. Terutama program fisik yang baru akan dimulai karena sudah banyak yang melalui masa lelang.

Mian mengatakan pelaksanaan pembangunan tidak boleh hanya dilakukan pihak ketiga dan OPD terkait. Seluruh OPD harus melakukan kerjasama dengan kejaksaan melalui Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D). “Jangan mengawasi sendiri, sertakan TP4D dari kejaksaan. Sehingga pekerjaan bukan hanya sesuai kontrak namun juga sesuai dengan aturan perundang-undangan,” katanya.

Pembangunan fisik sangat rawan jika hanya dilakukan pengawasan dari internal pemerintah. Bukan tidak mungkin ada hal-hal atau spesifikasi bangunan yang tidak bisa dilihat secara cermat oleh pengawas dari OPD. “Kita juga tidak main-main, jika memang ada fisik yang tidak sesuai kontrak, tidak kita terima. Makanya saya minta seluruh OPD mengikutsertakan TP4D dalam pembangunan,” katanya.

Tidak hanya OPD, Pemkab Bengkulu Utara juga sudah menggandeng kejaksaan untuk melakukan pengawasan pelaksanaan Dana Desa (DD). Sehingga desa-desa bisa berkoordinasi dengan jaksa jika ada hal yang ingin diketahui dalam pelaksanaan DD. “Kita ingin mencegah, makanya kita buat pendamping. Saya juga sudah koordinasi dengan Kajari yang siap menerima jika memang ada yang ingin berkoordinasi tentang penyerapan anggaran termasuk DD,” paparnya.

Kerjasama Pemkab Bengkulu Utara dengan TP4D memang terbilang berhasil. Selama tiga tahun belakangan ini tak ada proyek fisik yang menjadi temuan dugaan korupsi dari penyidik kejaksaan dan kepolisian.(qia)

Berita Lainnya

Warga Mulai Terserang ISPA

ARGA MAKMUR – Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi seminggu ini di Kecamatan Enggano terutama ...

error: Content is protected !!