Jumat , 23 Agustus 2019
Home / Metropolis / Pantai Panjang Semakin Berkembang

Pantai Panjang Semakin Berkembang

DIMULAI: Pembangunan di Pantai Panjang tepatnya di kawasan Pasir Putih dimulai. Ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah didampingi Kasatker Prasarana Pemukiman Pitri Perangin-angin, Rabu (17/7).(foto: yunike/rb)

BENGKULU – Pengembangan kawasan Wistaa Pantai Panjang terus dilakukan, baik itu oleh Pemkot Bengkulu maupun Pemprov Bengkulu dan juga instansi vertikal lainnya. Berbagai pembangunan taman untuk mempercantik tempat wisata unggulan Bengkulu itu terus digalakkan.

Terbaru, pembangunan taman baru dilakukan di di kawasan Pasir Putih Pantai Panjang oleh Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Bengkulu, dimulai. Ditargetkan pembangunan Taman Pantai Pasir Putih ini selesai akhir Desember ini dengan nilai kontrak Rp 9,8 miliar.

Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah, MMA mengatakan pembangunan di Pasir Putih itu merupakan tahap pertama dari pembangunan Pantai Panjang-Terminal Sungai Hitam oleh BPPW Bengkulu. Kemudian tahap kedua akan dilanjutkan tahun depan. “Yang menjadi persoalan perlu menjadi agenda kita menata pedagang, pelaku usaha yang ada disisi kiri jalan harus dibangun bersama-sama dan ditata,” ujar Rohidin.

Lanjutnya, dalam membangun  kawasan pantai panjang harus satu visi antara pemerintah provinsi, pemerintah kota maupun para investor yang mau membangun. Kemudian juga harus memperhatikan aspek kelestarian lingkungan, dan  fungsi bangunan yang ada. Sehingga optimal untuk pengembangan pariwisata.

“Keberadaan pedagang di lokasi penataan kawasan, saya minta agar didata. Nanti dinas, instansi terkait untuk dapat memberikan pembinaan dan pelatihan,” imbuh Rohidin.

Dengan adanya pembinan dan pelatihan untuk pedagang di kawasan Pantai Panjang, Rohidin berharap para pedagang ini nantinya mempunyai keterampilan dalam berdagang. Selain itu dapat ikut berperan aktif menjaga kebersihan, dan keindahan objek wisata andalan Provinsi Bengkulu ini.

Asisten 2 Pemkot Bengkulu Zuliyati yang hadir mewakili walikota pada acara launching titik nol pekerjaan penataan bangunan kawasan pesisir Pantai Panjang menerangkan menanggapi permintaan gubernur. Salah satunya agar dilakukaan penataan pedagang oleh pemkot. Ia berjanji akan membahas hal tersebut dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis.

“Kita akan rapat bersama OPD teknis untuk melakukan penataan dan pembinaan terhadap para pedagang ini. Setelah selesai pembangunan, harapan kita juga pedagang lama yang akan diprioritaskan menempati bangunan,” bebernya.

Kepala Satker Prasarana Pemukiman Pitri Perangin-angin menerangkan titik nol pembangunan dan penataan kawasan Pantai Panjang-Sungai Hitam untuk tahap pertama, yaitu pantai Pasir Putih sepanjang 250 meter. Beberapa item pekerjaan untuk tahap pertama ini diantaranya, plat deck, kios 2 unit, gazebo 6 unit, tempat duduk 4 Unit, menara pandang 2 unit, pos jaga, pergola, totem sign, hardscape, lampu taman, planter box, softcape, bangku taman, bak sampah.

“Dengan adanya penataan ini kita berharap dapat ikut memajukan pariwisata di provinsi Bengkulu, khususnya menyambut Wonderful 2020. Harapan kita, setelah dibangun dapat dipelihara dengan baik,” demikian Pitri.

Pembangunan ditandai dengan launching titik nol pekerjaan dan peletakan batu pertama oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah didampingi Kasatker Prasarana Pemukiman Pitri Perangin-angin, Rabu (17/7). Ikut hadir Asisten 2 Pemkot Bengkulu Zuliyati, Asisten 2 Setdaprov Yuliswani, Asisten 1 Setdaprov Hamka Sabri, Kepala Bappeda Provinsi Bengkulu Isnan Fajri, serta pejabat di lingkungan Pemprov Bengkulu. (key)

Berita Lainnya

Distribusi BPNT, Dinsos Gandeng Karang Taruna

BENGKULU – Dinas Sosial Provinsi akan bekerja sama dengan Bulog Bengkulu untuk memasok kebutuhan komoditas ...

error: Content is protected !!