Jumat , 20 September 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Pendampingan DD/ADD

Pendampingan DD/ADD

Arya Marsepa

KEPAHIANG – Kendati ada beberapa desa dari 8 kecamatan di Kabupaten Kepahiang yang menyampaikan permintaan pendampingan terkait pengelolaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD), namun hanya 2 Kecamatan di Kabupaten Kepahiang yang menjadi fokus pendampingan dari Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan (TP4) Kabupaten Kepahiang. Kedua kecamatan tersebut yakni Kecamatan Ujan Mas dan Merigi.

Diungkapkan Kepala Seksi (Kasi) Intelejen Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepahiang, Arya Marsepa, SH pendampingan tersebut dilakukan mengingat belakangan banyak terjadi permasalahan hukum dari pengelolaan DD yang dilakukan pemerintah desa di Kabupaten Kepahiang.

“Memang ada beberapa desa dari kecamatan lainnya yang menyampaikan permohonan kepada kita. Namun dari beberapa permohonan tersebut, banyak desa yang belum menyusun APBDes sehingga kita hanya mendampingi desa-desa yang siap saja untuk saat ini,” ungkap Arya, Rabu(17/7).

Selain 2 kecamatan tersebut, Arya mengakui pihaknya juga akan melakukan pendampingan di 5 desa yang ada di Kecamatan Tebat Karai. Bahkan saat ini Memorandum of Understanding (MoU) terkait pendampingan tersebut sudah ditandatangani bersama desa-desa tersebut.

“Sementara puluhan desa di Kecamatan Muara Kemumu, sampai saat ini belum ada satupun yang mengajikan berkas permohonan pendampingan,” ujar Arya.

Selanjutnya terkait ada beberapa desa yang informasinya sempat ditolak usulannya oleh TP4D, Arya mengaku penolakan tersebut lantaran beberapa berkas usulan pendampingan seperti APBDes dan Rencana Kerja Desa.

“Untuk bisa didampingi itu, beberapa berkas harus lengkap khususnya APBDes dan Rencana Kerja Desa. Sehingga kita bisa membantu apa saja yang harus dilakukan desa, dengan program-progam yang sudah ada agar tida bertabrakan dengan aturan yang berlaku,” demikian Arya. (sly)

Berita Lainnya

Setahun Buron, Dibekuk

KEPAHIANG – Hampir setahun menjadi buronan Polres Kepahiang, WD (20) warga Desa Pulogeto, Kecamatan Merigi ...

error: Content is protected !!