Jumat , 20 September 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Satpol PP Tertibkan Pedagang Pasar Pagi

Satpol PP Tertibkan Pedagang Pasar Pagi

DITERTIBKAN: Pedagang yang berjualan di sepanjang Jalan Syahrial Kelurahan Pasar Kepahiang ditertibkan, Rabu (17/7).(foto: arie/rb)

KEPAHIANG – Satuan Polisi Pamong Praja (Sapol PP) Kabupaten Kepahiang, Rabu (17/7) melakukan penertiban terhadap puluhan pedagang yang berjualan di sepanjang Jalan Syahrial Kelurahan Pasar Kepahiang. Penertiban tersebut dilakukan lantaran para pedagang tersebut berjualan dengan memakan hampir sebagian badan jalan, sehingga menyebabkan terganggunya arus lalu lintas di kawasan sekitar.

Plt Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kepahiang, H. Burlian, SE mengungkapkan, sebelum dilakukan penertiban pihaknya sudah jauh hari melayangkan imbauan dan peringatan. Namun imbauan dan peringatan tersebut tampaknya tidak direspon dengan baik oleh para pedagang. Alhasil Satpol PP terpaksa harus mengambil tindakan tegas dengan melakukan penertiban.

“Semua pedagang sayuran dan makanan yang memakan badan jalan di pasar pagi kami tertibkan, tanpa terkecuali. Karena aktivitas dagang mereka dapat mempersempit luas jalan dan menimbulkan kemacetan,” ujar Burlian.

Burlian mengakui, dalam penertiban tersebut pihaknya memang tidak serta merta melakukan pengusiran terhadap para pedagang tersebut. Namun ia juga mengaku pihaknya masih diperbolehkan berjualan di Pasar Pagi Kepahiang, hanya saja ke depannya tidak diperbolehkan lagi membuka lapak di badan jalan.

“Karena kami berpendapat jika mereka diusir, tentu besoknya akan kembali melakukan kesalahan yang sama. Akhirnya kami berikan solusi dengan cara memperbolehkan mereka membuka lapak dan berjualan di atas trotoar yang berada di tepi badan jalan,” jelasnya.

Selanjutnya untuk mengantisipasi pelanggaran serupa, Burlian mengatakan, pihaknya akan menugaskan personel Satpol PP untuk melakukan patroli pasar secara rutin. Dengan personel yang dibagi menjadi beberapa tim, patroli akan dilakukan di seputaran taman Santoso dan sepanjang Jalan Syahrial Kelurahan Pensiunan Kecamatan Kepahiang.

“Dengan adanya pengawasan ketat dari anggota Satpol PP, mudah-mudahan tidak ada lagi pedagang yang membuka lapak di atas badan jalan,” pungkasnya. (sly)

Berita Lainnya

Setahun Buron, Dibekuk

KEPAHIANG – Hampir setahun menjadi buronan Polres Kepahiang, WD (20) warga Desa Pulogeto, Kecamatan Merigi ...

error: Content is protected !!