Senin , 14 Oktober 2019
Home / Daerah / Mukomuko / 242 CPNS Dikirim Ikuti Prajabatan

242 CPNS Dikirim Ikuti Prajabatan

Jawoto

MUKOMUKO – Meski belum genap setahun jadi calon pegawai negeri sipil (CPNS), Pemkab Mukomuko berencana akan mengirim 242 CPNS di lingkungan Pemkab Mukomuko untuk ikuti Prajabatan.

Ini diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Mukomuko, Jawoto, S.Pd, SE, M.Pd. ‘’Keinginan kita dikirim sekaligus,” kata Jawoto.

Pihaknya yakin tak akan terjadi kelumpuhan soal pelayanan. Meski seluruh CPNS dikirim sekaligus mengikuti Prajabatan. Pasalnya, saat mengikuti Prajabatan ini diberlakukan sistem on dan off dari lembaga yang gelar pelaksanaan Prajabatan tersebut.

‘’Kan sistem on off. Jadi pas off belajar, CPNS ini masuk kerja. Ketika jam belajar Prajabatan on, baru dia kembali lagi masuk lembaga pendidikan,” jelas Jawoto.

Dikatakan Jawoto, Pemkab masih punya waktu hingga Maret 2020 mendatanag. Pada bulan itu semua CPNS diupayakan sudah mengikuti Prajabatan. “Masa percobaan CPNS memang setahun. Kalau memang tidak bisa semuanya tahun ini, tahun berikutnya. Kan batasnya Maret,” terangnya.

Prajabatan lanjut Jawoto, menjadi syarat untuk bisa sandang status sebagai pegawai negeri sipil (PNS). Sehinga mau tidak mau wajib semua CPNS mengikuti Prajabatan.

Apalagi biaya kegiatan itu tak dibebankan sepenuhnya Pada peserta. Melainkan menjadi tanggungjawab pemerintah daerah. ‘’Selama mereka mengikuti Prajabatan, dibiaya dari pemerintah daerah,” uajr Jawoto.

Prajabatan itu biasanya digelar selama 4 bulan. Biaya perorangnya yang ditanggung Pemkab Rp 9,2 juta. “Biaya itu semuanya untuk penginapan dan konsumsi selama peserta mengikuti prajabatan,” demikian Jawoto.(hue)

Berita Lainnya

Pengucuran Bansos Tanpa Dana Pedamping

MUKOMUKO – Bantuan sosial (Bansos) yang dikucurkan untuk Mukomuko terancam minim pembinaan, pengawasan, dan monitoring. ...

error: Content is protected !!