Sabtu , 24 Agustus 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Didukung Warga, Tuntutan Kades Bisa Lebih Ringan

Didukung Warga, Tuntutan Kades Bisa Lebih Ringan

Fatkhuri

ARGA MAKMUR – Kasus pemalsuan tandatangan pencairan Dana Desa (DD) tahap pertama tahun 2018 dengan tersangka Kades Lebong Tandai, Supriadi minggu depan akan masuk ke persidangan. Sebanyak 38 warga Desa Lebong Tandai yang sempat mendatangi Kejari Bengkulu Utara memastikan akan hadir memberikan support pada kades yang akan duduk di kursi terdakwa.

Apip, salah satu perwakilan warga menyatakan mereka akan hadir menyaksikan persidangan. Termasuk memberikan surat perdamaian dengan pelapor Dewi yang juga bendahara desa, dan surat jaminan 187 kepala keluraga di Desa Lebong Tandai. “Kami ingin kades kami dibebaskan. Pemalsuan tandatangan itu atas kesepakatan warga dan sepengetahuan bendahara. Uang DD itu kami membutuhkan untuk pembayaran gaji yang saat itu menjelang lebaran,” terang Apip.

Sementara Kajari Bengkulu Utara Fatkhuri, SH menuturkan jaksa sudah menyiapkan rencana dakwaan untuk nantinya dibacakan di sidang perdana. Saat ini masih menunggu jadwal persidangan dari pengadilan.   Melihat keterangan warga dan surat perdamaian serta dukungan masyarakat, ia mengakui hal itu akan menjadi pertimbangan jaksa. Namun ia meminta hal itu nantinya disampaikan saat persidangan.

“Nanti kita lihat dalam persidangan. Jika benar seperti yang disampaikan oleh warga, tentunya itu akan menjadi pertimbangan bagi kita yang meringankan,” ujar Fatkhuri.

Ia sendiri mengaku melakukan penahanan saat serah terima tersangka dan barang bukti dari penyidik Polda Bengkulu dengan beberapa pertimbangan. Jika ditangguhkan, saat nanti putusan pengadilan berarti Supariadi harus menjelani hukuman lebih awal. “Jika sekarang masa tahanan itu sudah dilakukan, nanti saat putusan tinggal menjalani sisanya,” jelasnya.(qia)

Berita Lainnya

Lelang Jabatan Sepi Peminat

ARGA MAKMUR – Hingga saat ini belum ada pelamar yang menyerahkan berkas untuk mengikuti lelang ...

error: Content is protected !!