Senin , 16 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Disiapkan 140 Ribu Bibit Cabai Gratis

Disiapkan 140 Ribu Bibit Cabai Gratis

BIBIT GRATIS: Sebanyak 140 ribu bibit sayur dan cabai yang disiapkan secara gratis untuk masyarakat Bengkulu Utara.(foto: shandy/rb)

ARGA MAKMUR – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Bengkulu Utara menyiapkan 140 ribu bibit cabai dan sayuran sepanjang tahun ini. Meski tidak bisa langsung menangani harga cabai yang kini meningkat, diyakini jangka panjang persoalan harga cabai tinggi tak akan lagi terjadi di Bengkulu Utara.

Plt Kepala DKP Bengkulu Utara, Zahrin menuturkan 140 ribu bibit cabai dan sayuran tersebut akan diberikan secara gratis ke masyarakat. Bibit-bibit cabai itu diharapkan bisa ditanam di halaman-halaman rumah.        “Kita berharap satu rumah menanam 10 atau 20 cabai untuk konsumsi rumah tangga berikut tanaman sayur lainnya,” katanya.

Bibit cabai yang sudah disemai oleh DKP tersebut tinggal ditanam oleh masyarakat dan diperkirakan dalam tiga bulan akan panen. Sehingga tiga bulan ke depan masyarakat sudah bisa memetik cabe tanamannya sendiri untuk sekadar konsumsi.

“Bayangkan jika bibit tersebut berhasil. Ada ribuan masyarakat yang tidak lagi membeli cabai. Ke depannya cabai harganya tentunya tidak tinggi seperti sekarang,” harapnya.

Program pemanfaatan halaman untuk lahan bercocok tanam tersebut kini tengah digalakkan Pemkab Bengkulu Utara. Minimal masyarakat tidak lagi membeli cabai dan sayuran dari pasar untuk konsumsi sehari-hari. “Kita sudah lakukan pemetaan. Setidaknya masyarakat butuk Rp 15 – 20 ribu sehari untuk sayur dan makanan lain. Jika mereka menanam, berarti sudah hemat Rp 15-20 ribu sehari,” terangnya.

DKP memiliki rumah pembibitan yang digunakan untuk menyemai bibit. Bibit tersebut bisa diberikan pada masyarakat yang menginginkan.           “Bibit yang kita miliki tidak mudah terserang hama. Makanya kita lakukan penyemaian lebihdulu,” pungkas Zahrin.(qia)

Berita Lainnya

Pesawat 9 Penumbang Kembali Menuju Enggano

ARGA MAKMUR – Meskipun hanya satu kapal motor yang bisa mengangkut penumpang dari Kota Bengkulu ...

error: Content is protected !!