Selasa , 20 Agustus 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Distan Bentuk Tim Pengawasan Konflik

Distan Bentuk Tim Pengawasan Konflik

KOTA MANNA –Menghindari konflik masyarakat dan perusahaan perkebunan, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), akan membentuk tim gabungan lintas sektor.

Tim ini akan mengawasi kegiatan perusahaan perkebunan. Khususnya guna mengawasi lahan garapan resmi milik perusahaan. Ini karena selama ini persoalan pengawasan perkebunan belum berjalan efektif di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Seperti dijelaskan Kabid Perkebunan Distan Kabupaten Bengkulu Selatan, Ahmad Sukirman, pembentukan tim ini pihaknya sebagai penanggung jawab. Tim tersebut libatkan beberapa stakeholder khususnya aparat penegak hukum yakni polri dan kejaksaan negeri (Kejari).

‘’Memang selama ini aktivitas perusahaan perkebunan di Kabupaten Bengkulu Selatan dianggap belum maksimal. Jadi untuk meminimalisir adanya konflik antara perusahaan dan masyarakat, Distan bersama stakeholder terkait akan gelar pengawasan secara berkala,’’ tandas Sukirman.

Ini karena beban kerja stakeholder terkait seperti Badan Pertanahan Nasional (BPN), diwajibkan melakukan pemetaan zona wilayah perkebunan. Agar tidak masuk dalam kawasan hutan. Sementara pada aparat penegak hukum yakni sebagai penindakan kalau itu terjadi unsur pidana.

‘’Item–item pengawasan yang dilakukan itu, yakni luasan garapan Hak Guna Usaha (HGU), tapal batas serta konsesi objek tanaman,’’ jelas Sukirman.

Perlu diketahui, untuk saat ini dari hasil kesepakatan ada sejumlah perusahaan kelapa sawit akan menjadi objek pengawasan. ‘’Ya, sebelumnya Distan telah sepakat memang ada perusahaan yang bakal diawasi, terkait ada konflik antar masyarakat dan perkebunan,’’ demikian Sukirman.(tek)

Berita Lainnya

Dialog, Bupati Ajak Petani Bengkulu Selatan Kompak

KOTA MANNA – Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi, SE, MM, berdialog bersama Kelompok Tani ...

error: Content is protected !!