Senin , 16 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Dukcapil Wujudkan Desa Sadar Adminduk

Dukcapil Wujudkan Desa Sadar Adminduk

SADAR: Dinas Dukcapil Bengkulu Selatan turun ke desa datangi masyarakat untuk program sadar adminduk.(foto: rio/rb)

KOTA MANNA – Untuk mewujudkan masyarakat desa memiliki dokumen kependudukan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) langsung turun ke desa melakukan pelayanan.

Program yang dilakukan Disdukcapil, yakni Gerakan Sadar Administrasi Kependudukan (GISA). Sekaligus pembentukan desa pilot project sadar administrasi kependudukan (Sadar Adminduk). Ini diungkapkan Kepala Dinas Dukcapil Bengkulu Selatan Gunawan Suryadi, S.Sos.

Dikatakan untuk mensukseskan program ini Disdukcapi berpedoman pada empat program GISA. Yakni program sadar kepemilikan dokumen kependudukan, program sadar pemanfaatan data kependudukan dan program sadar melayani administrasi kependudukan.

“Kita telah coba di desa Ulak Lebar untuk mendata masyarakat yang belum memiliki dokumen kependudukan. Ini dilakukan untuk menuntaskan segala kepemilikan dokumen,” ujar Gunawan.

Pelayanan dokemen adiminduk dengan turun langsung ke lapangan, lanjut Gunawan, mencakup seluruh jenis dokumen. Baik itu kartu keluarga (KK), KTP, Akte Kelahiran dan lainnya. “Ini dilakukan tidak hanya di satu desa saja. Tapi kita mencakup seluruh desa yang ada di Bengkulu Selatan,” ujar Gunawan.

Dengan berjalannya program Dukcapil turun ke lapangan, diyakini masyarakat tergerak untuk mengurus dokumen-dokumen penting. Dimana selama ini masyarakat masih enggan mengurus adminduk ke Dukcapil.

‘’Kalau selama ini masyarakat mau mengurus adminduk jika lagi ada keperluan mendesak. Jadi kesadaran itu masih sangat kurang di tengah masyarakat,” bebernya.(tek)

Berita Lainnya

Diduga Mesum, Oknum Pjs Kades di Bengkulu Selatan Digerebek Warga

PINO RAYA– Oknum Pejabat Sementara (Pjs) Kades Talang Padang Kecamatan Pino Raya, Sy, digerebek warga ...

error: Content is protected !!