Sabtu , 29 Februari 2020
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / HGU Berakhir, Lahan PT BRI Ditarik

HGU Berakhir, Lahan PT BRI Ditarik

Edy Hermansyah

BENTENG – Hak guna usaha (HGU) PT Bumi Rafflesia Indah (BRI) di Kecamatan Talang Empat akan berakhir 31 Desember 2019 mendatang. Sekda Benteng, Edy Hermansyah, Ph.D mengatakan HGU tidak akan diperpanjang lagi. Rencananya akan ditarik oleh Pemkab Benteng untuk dimanfaatkan membangun sarana prasarana umum. Bekerja sama dengan Universitas Bengkulu (Unib) dan Pemprov Bengkulu. Seperti pengembangan pariwisata, pendirian kampus II Unib dan pembangunan pusat olahraga bersekala internasional. Lahan itu tepatnya berada di Desa Lagan, Desa Jaya Karta, Desa Tengah Padang dan Desa Pulau Panggung.  Untuk lahan yang sudah ada tanaman tumbuhnya nanti akan dilakukan ganti rugi.

“Secara aturan, memang lahan akan kembali ke negara, namun untuk tanam tumbuh harus dihitung karena itu hak perusahaan,” terangnya.

Luas lahan HGU yang akan dikembalikan ke Negara itu berjumlah 397 hektare. Meskipun pada data dan peta HGU luasannya mencapai 1200 hektare. Karena yang dikelola perusahaan hanya 397 hektare.

Untuk proses pemindahan lahan nanti, Pemkab Benteng akan berkoordinasi dengan Kanwil ATR/BPN. Sesuai dengan arahan saat dilakukannya pertemuan dengan pihak Kementrian ATR/BPN beberapa waktu lau di Jakarta. “Waktu tinggal 5 bulan lagi, saya yakin semua syarat adiministrasi harus dilengkapi agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari,” terangnya.(vla)

Berita Lainnya

Katana Bentuk Keluarga Tangguh

BENTENG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkulu Tengah, mempersipkan Program Keluarga Tangguh Terhadap …