Senin , 16 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Laporkan Pekerja Asing

Laporkan Pekerja Asing

Fahrudin

ARGA MAKMUR – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Bengkulu Utara meminta perusahaan yang memperkerjakan orang asing atau Tenaga Kerja asing (TKA) untuk melapor. Kadis Nakertarns Bengkulu Utara, Drs. Fahrudin mengaku beberapa kali di Bengkulu Utara ditemukan TKA ilegal terutama oleh Kantor Imigrasi. Saat ini hanya tercatat sebanyak 8 TKA yang bekerja di Bengkulu Utara terutama sektor pertambangan batu bara di wilayah Ketahun, Napal Putih dan Marga Sakti sebelat.       “Kita juga dalam waktu-waktu tertentu mengecek kebenaran data tersebut,” katanya.

Ia mengatakan kedatangan TKA terutama yang ilegal kerap dilakukan oleh sub kontraktor yang bekerjasama dengan perusahaan pemegang izin. Mereka rata-rata ditempatkan di lokasi-lokasi penambangan yang jauh dari pemukiman sehingga memang sulit diketahui masyarakat.           “Biasanya sub kontraktor itu yang memperkerjakan TKA yang nyatanya tidak memiliki izin kerja melainkan hanya izin wisata,” bebernya.

Ia menegaskan akan berkoordinasi dengan Disnakertrans Provinsi jika ditemukan atau mendapatkan informasi adanya TKA yang baru di perusahaan-perusahaan tambang. Ia mengingatkan selain pemulangan tenaga kerja, perusahaan juga bisa dikenakan sanksi. “Yang menjadi masalah terkadang perusahaan pemegang izin tidak tahu karena ditangani oleh sub kontraktor. Makanya kita sering meminta perusahaan pemegang izin untuk ikut mengawasi dan kita akan berikan teguran jika terjadi lagi,” terangnya.(qia)

Berita Lainnya

Pesawat 9 Penumbang Kembali Menuju Enggano

ARGA MAKMUR – Meskipun hanya satu kapal motor yang bisa mengangkut penumpang dari Kota Bengkulu ...

error: Content is protected !!