Sabtu , 24 Agustus 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Lelang Jabatan Sepi Peminat

Lelang Jabatan Sepi Peminat

Zamzami zubir

KEPAHIANG – Sejak dibuka pada 10 Juli lalu, hingga saat ini pendaftaran lelang jabatan eselon II, untuk mengisi jabatan tinggi pratama di 9 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kepahiang, masih sepi peminat. Bahkan hingga kemarin (18/7) belum ada satupun pejabat yang mendaftarkan diri dan menyerahkan berkas pendaftaran kepada Panitia Pelaksana (Pansel) yang telah dibentuk.

Diketahui ada 9 OPD yang melakukan lelang jabatan yakni Sekretariat Dewan (Setwan), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Badan Keuangan Daerah (BKD), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Statistik (Kominfosantik), Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora), dan Dinas Kesehatan (Dinkes), dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Sepinya peminat lelang jabatan eselon II ini, membuat DPRD Kabupaten Kepahiang merasa aneh. Diungkapkan Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kepahiang Andrian Defandra, SE, bahwa kondisi seperti ini sangat aneh terjadi pada sebuah tatanan pemerintahan. Biasanya, ungkap Aan, pejabat justru berbondong-bondong ingin mendapatkan jabatan. Namun kenapa saat Pemkab sudah membuka lelang jabatan, justru tidak ada satupun pejabat yang mendaftar.

“Ini kan membuat kita bingung. Biasanya PNS berbondong-bondong mengejar jabatan. Tapi ini kenapa di Kepahiang malah sepi peminat,” tanya Aan.

Untuk itu Aan menyarankan, Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) Kabupaten Kepahiang, agar bisa menjemput bola dan lebih gencar mengajak para pejabat yang sudah lengkap persyaratannya untuk mengikuti lelang jabatan, sesuai dengan kemampuan masing-masing.

“Fenomena yang aneh jika sampai saat ini belum ada yang mendaftarkan diri. Di daerah lain saya lihat, tidak ada yang seperti ini ketika lelang jabatan dibuka,” ungkap Aan.

Hal senada juga disampaikan Anggota DPRD Kabupaten Kepahiang Edwar Samsi, S.IP, MM, yang mengatakan Pemkab Kepahiang harus bisa segera melakukan evaluasi atas kondisi ini. Menurutnya kenapa bisa sepi peminat, mungkin dikarenakan banyak pejabat Kepahiang yang kapok mengikuti lelang jabatan.

“Karena selama ini kan, sudah melalui lelang jabatan dengan proses yang panjang, dan oleh KASN sudah dinyatakan memenuhi kriteria. Tapi akhirnya jabatannya tidak lama, Cuma 6 bulan hingga 9 bulan saja. Jadi mungkin karena hal ini mereka kapok,” jelang Edwar.

Terpisah Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepahiang Zamzami Zubir, SE, MM ketika dikonfirmasi, mengaku bahwa masih sepinya lelang jabatan kali ini dikarenakan banyak pejabat yang sedang mempersiapkan berkas persyaratan.

“Bukan sepi, hanya saja masih banyak yang mempersiapkan berkas. Untuk pendaftaran memang belum ada, namun yang berkonsultasi terkait berkas persyaratan sudah banyak. Jadi tunggu saja, kan waktunya masih lama,” singkat Zamzami. (sly)

Berita Lainnya

Pelantikan Dewan Baru Kepahiang Diwarnai Insiden Mati Lampu

KEPAHIANG – Rapat Paripurna Istimewa Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Kepahiang Periode 2019-2024 digelar Sabtu (23/8) ...

error: Content is protected !!